banner

Tomohon International Flower Festival, Agenda Tahunan yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan Wisatamu

Post a Comment
Memasuki Bulan Agustus, kota Tomohon punya satu agenda wajib yang rutin diselenggarakan tiap tahun. TIFF, atau yang lebih dikenal dengan nama Tomohon International Flower Festival.

Agenda tahunan ini selalu berhasil menarik minat wisatawan buat hadir dan meramaikan acaranya. Di sepanjang jalan Tomohon, banyak warga dan wisatawan yang bersiap mengabadikan momen parade.

Mengenal TIFF : Tomohon International Flower Festival

Parade
Sumber Gambar : www.tomohon.go.id

Dari namanya sudah ketebak lah ya, ini adalah agenda tahunan berupa parade bunga. Kalau ada yang belum tahu, kota Tomohon dikenal dengan sebutan kota bunga, karena merupakan penghasil bunga terbesar.

Letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, membuat banyak bunga-bunga cantik tumbuh subur di sana. Sehingga, kota Tomohon dikenal sebagai kota dengan produksi bunga yang melimpah.

Bunga jadi salah satu potensi alam andalan di kota Tomohon. Kalau kalian lewat di sepanjang jalan kota ini, hampir dipenuhi sama para petani dan perangkai bunga-bunga yang menjajakan bunga-bunga cantiknya di pinggir jalan.

Mulai dari bunga krisan, bunga lili, bunga dahlia, bunga mawar dan masih banyak bunga-bunga lainnya. Yang menjadi ciri khas kota Tomohon adalah bunga Phaius atau anggrek kelapa dan telah disahkan oleh Departemen Pertanian RI sebagai bunga khas kota Tomohon.

TIFF, atau Tomohon International Flower Festival sendiri awalnya cuma digelar buat memperingati HUT kota Tomohon di tahun 2006 yang lalu. Waktu itu, pemerintah kota Tomohon menggelar pawai atau parade kendaraan yang berhiaskan bunga-bunga hasil kebun di kota itu.

Masih di tahun yang sama, di bulan Agustus, pawai kendaraan berhias bunga-bunga nan cantik tadi digelar kembali dengan diikuti kurang lebih 600 an kendaraan bermotor.

Tingginya animo masyarakat akan adanya agenda tersebut, pemerintah kota Tomohon lalu berinisiatif menjadikan festival bunga ini sebagai agenda dua tahunan. Melihat tingginya dampak positif kegiatan itu juga ya gaes, ya.

Nah, dimulai lah agenda besar ini sejak tahun 2008 yang lalu. Kegiatan dua tahunan ini terus berlangsung sampai di tahun 2014, dan sejak 2015 ditetapkan sebagai agenda tiap tahun setelah diakui oleh Kementerian Pariwisata RI.

Agenda ini pada akhirnya nggak cuma menarik minat pelancong asing buat menyaksikan festival, tapi juga mulai ikut berpartisipasi dalam jalannya acara. Peserta festival ini datang dari negara lain diantaranya Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Singapura dan Belanda.

Oleh karena itulah dikenal dengan nama TIFF alias Tomohon International Flower Festival.

Gimana? Sudah kebayang kan gimana serunya?

Dampak Positif TIFF

Ramainya animo masyarakat dan wisatawan jelas memberikan banyak dampak positif buat para petani bunga di kota Tomohon, Gaes. Agenda TIFF ini juga mampu meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke kota Tomohon.

Nggak hanya masyarakat sekitar, tapi agenda tahunan ini mampu menyedot perhatian wisatawan lokal sampai mancanegara. Hal ini tentu aja juga membuat nama kota Tomohon semakin dikenal di luaran.

Bahkan peserta festival pun datang dari negara-negara lain. Nggak heran kan bakalan seramai apa agenda ini, dan gimana dampak positif yang bakalan di dapatkan oleh masyarakat lokal akan kegiatan tahunan ini. Keren lah!

TIFF 2024

Tiff

Tomohon International Flower Festival 2024 bakalan diselenggarakan mulai tanggal 8 sampai 12 Agustus dengan tema Moving Forward, Getting Stronger.

Puncak acara atau agenda utamanya bakalan digelar ditanggal 10 Agustus, yaitu Tournament of Flower yang nantinya bakalan diikuti sama 25 kendaraan berhias bunga krisan.
 
Tiff

Gelaran acara biasanya dimulai dengan fun walk yang diawali oleh Walikota Tomohon dan jajaran pemerintahnya. Selanjutnya juga bakalan ada festival kuliner, pementasan seni budaya, dan Tourism, Trade, Investment, dan Floriculture Expo.

Buat yang tau-tau aja, kota Tomohon juga terkenal sama makanan-makanan ekstrimnya, gaes. Nah, di festival kuliner nantinya, nggak jarang kamu bakalan menemukan beberapa macam kuliner ekstrim khas kota Tomohon.

Event Tomohon International Flower Festival ini bisa jadi salah satu agenda wajib sih yang harus kamu masukkan dalam daftar kunjungan wisatamu. Karena, selain menikmati TIFF, kamu juga bisa sekalian mengeksplore keindahan alam kota Tomohon, loh!

Catat tanggalnya dan segera atur jadwal penerbangan ke sini, ya! Tanggal 8 - 12 Agustus dan puncak perayaannya digelar di tanggal 10 Agustus 2024.

Manjo datang dan ramaikan Tomohon International Flower Festival 2024 !
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment