banner

Hobi ke Pantai? Ini 5 Manfaat Mengajak Anak Bermain ke Pantai

Post a Comment
Main ke pantai

Pantai menjadi salah satu destinasi favorit keluarga kami buat berlibur. Semenjak tinggal di Sulawesi Utara, bahkan si anak sulung sudah menobatkan satu pantai favoritnya yang selalu dikunjungi lagi dan lagi.

Karena aksesnya cukup mudah dan nggak terlalu jauh, alhasil kami memang cukup sering bermain ke pantai. Bisa dibilang cukup rutin. Bahkan, kami sudah merasakan sendiri manfaat mengajak anak bermain ke pantai.

Selain menciptakan kenangan yang menyenangkan buat anak-anak, ada banyak lagi manfaat mengajak anak bermain ke pantai. Dan ini sayang banget kalau dilewatkan.

Apa aja sih manfaatnya? Yuk kita bahas satu persatu.

5 Manfaat Mengajak Anak Bermain ke Pantai

1. Menjadi Lebih Bahagia saat Dewasa

Lebih Bahagia

Siapa sih yang nggak suka main ke pantai? Menikmati suara debur ombak yang menenangkan, embusan angin yang sejuk, dan merasakan butiran-butiran pasirnya yang halus.

Pantas aja sih kalau anak-anak yang mengingat kenangan-kenangan manis ini, saat dewasa nantinya cenderung bakalan jadi orang yang lebih bahagia. Percaya nggak, Mom?

Sudah ada penelitiannya, loh, terkait hal ini. Mengutip dari laman koran kaltim, sebuah penelitian yang dilakukan para Ilmuwan Roma dengan menggunakan 16.000 orang dari 18 Negara, paparan masa kanak-kanak ke ruang biru, secara positif terkait dengan kesejahteraan saat dewasa.

Nggak cuma main ke pantai sih, lebih tepatnya bermain ke alam. Anak-anak yang lebih sering menghabiskan waktu bermainnya di alam cenderung menjadi pribadi yang lebih berbahagia saat dewasa nantinya. Jadi, siapa yang nggak mau?

2. Stimulasi Sensorik

Senso-moto

Ini manfaat yang memang kerasa banget sih di anak-anak aku. Terutama di anak sulung. Sebelumnya, dia agak pemilih soal makanan dan sering merasa ‘risih’ sama tekstur makanan yang lembek. Setelah rutin diajak main ke pantai, secara berkala semua keluhan itu menghilang.

Memang Allah sudah menciptakan bumi dan seisinya dengan begitu banyak manfaat kebaikan bagi kita. Alam, adalah tempat yang tepat buat belajar. Begitu halnya pantai yang punya banyak banget rangsangan sensorik, terutama buat anak-anak.

Pasirnya, air lautnya, suara deru ombak dan anginnya, semuanya lengkap dan sangat bermanfaat buat membantu meningkatkan sensorik anak-anak, Mom. Jadi jangan dilarang anak-anak bermain kotor-kotoran di pantai, ya! Yang penting masih tetap dalam pengawasan.

3. Mengembangkan Daya Imajinasi

Imajinatif

Saat anak-anak bermain gundukan pasir di pantai, imajinasinya jadi semakin bebas dan berkembang. Ada aja ide kreatifnya yang tiba-tiba muncul.

Lihat dan nikmatilah bersama-sama momen-momen indah kayak gini, Mom! Jangan dilewatkan.

4. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Konsen

Ini masih berkaitan sama imajinasinya tadi. Kalau anak-anakku sendiri, selalu mempersiapkan segala macam mainannya yang mau dibawa kalau jadwal main ke pantai.

Jadi, sudah dipersiapkan dari rumah tuh mainan apa saja yang harus dia bawa, mau dimainkan seperti apa nantinya, dan lain sebagainya. Pikirannya sudah terstruktur.

Kalaupun nantinya nggak sesuai sama rencana A, dia bakalan mengikuti naluri dan imajinasinya sendiri. Tapi dari permainan-permainan kayak gitu aja kita bisa melatih konsentrasi dan fokus anak-anak juga. Seru deh pokoknya!

5. Memperkuat Imunitas

Imun

Anak-anak yang lebih sering bermain di luar rumah, daya tahan tubuhnya bakalan jauh lebih baik dibanding yang jarang bermain di alam. Ini benar adanya sih.

Alhamdulillah, anak-anakku yang sering main di pantai justru jadi jarang sakit dan nggak mudah tertular kalau ada teman-temannya yang lagi flu dan lain-lain di sekolah. Atas izin Allah…

Bermain di pantai juga bisa dijadikan terapi buat pengidap asma. Menurut penelitian para ahli di Jerman, udara pantai memang punya manfaat baik buat kesehatan paru-paru.

Ayo Main ke Pantai

Dari 5 manfaat mengajak anak bermain ke pantai di atas, mana yang paling menarik dan bikin kalian penasaran pengin segera praktekin? Ayo deh nggak usah ragu lagi buat mengajak anak bermain ke pantai.

Selain orang tuanya bisa sekalian bersantai, anak-anak juga bisa dapat banyak manfaat dengan bermain di alam.

Yuk, jangan ragu-ragu lagi buat mengajak anak bermain di pantai!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment