banner

5 Tips Traveling Nyaman untuk Perjalanan Jauh Bareng Anak

Post a Comment
Tips Traveling Nyaman

Halo teman sesudut!

Kapan terakhir kali kamu melakukan perjalanan jauh? Khusus buat para traveler yang sudah bawa anak nih, ya. Tentunya urusan bepergian ini sudah nggak bisa sesimple saat masih sendiri.

Nah, aku bakalan kasih beberapa tips traveling nyaman untuk perjalanan jauh bareng anak. Yuk kita bahas!

Perjalanan Jauh Bareng Anak

Semua sepakat dong, kalau melakukan perjalanan jauh itu memang harus membutuhkan persiapan yang matang, supaya lebih nyaman dan menyenangkan. Apalagi perjalanan jauh bareng anak-anak.

Sebagai orang tua kita harus banget siap sama perubahan mood si anak yang random saat di perjalanan jauh nanti. Serius, persiapan ini nggak bisa dianggap sepele. Karena bakalan menyangkut kenyamanan saat traveling nantinya.

Pengalamanku saat perjalanan jauh bareng anak tentu nggak semulus unggahan di media sosialnya ya, gaes. Banyak hal lain yang bikin perasaan campur aduk. Apalagi kalau sudah ketemu jam-jam rewel si anak.

Tapi sebenarnya, semua keruwetan itu bisa diatasi kalau memang persiapan sebelum melakukan perjalanan jauh bareng anak itu sudah benar-benar matang. Setidaknya, kita sebagai orang tua sudah punya bayangan gimana harus bersikap saat anak-anak bersikap nggak seharusnya di perjalanan.

5 Tips Traveling Nyaman

1. Rencanakan dengan Baik

Planning
Termasuk di dalamnya menentukan tujuan perjalanan dan transportasi yang bakalan digunakan. Kalau nggak kepepet banget, lebih aman buat menghindari musim liburan yang padat.

Tentukan dan catat barang-barang atau keperluan anak yang harus banget dibawa. Supaya menghindari ketinggalan dan keribetan di kemudian hari.

Siapkan juga obat-obatan dalam tempat khusus yang mudah diakses, ya.

2. Buat Itinerary yang Jelas

Buat Itinerary
Catat jadwal perjalanan mulai dari berangkat sampai pulang lagi ke rumah. Kelompokkan tempat wisata yang berdekatan, yang bakalan dikunjungi di hari yang sama. Supaya lebih fleksibel waktu.

Jangan lupa, riset! Kumpulkan semua informasi tentang tujuan wisatamu. Contohnya, cari tahu tentang rute, harga tiket dan lain-lain. Ini buat menghindari kebingungan saat di tempat tujuan.

Karena kebingunganmu itu bakalan sangat berpengaruh sama mood anak-anak yang ikut dalam perjalanan. Jadi sebisa mungkin semua harus well prepared!

Kalau perjalanan menggunakan transportasi umum, maka persiapanmu harus jauh-jauh lebih baik. Pastikan kamu tahu cara mengakses, tujuan, dan lain sebagainya.

3. Mulai Lebih Awal

Berangkat Pagi
Ini salah satu trik ampuh sih biar traveling nyaman untuk perjalanan jauh bareng anak. Mulai lah perjalanan lebih awal. Apalagi buat kalian yang menggunakan transportasi pribadi.

Keuntungannya, jalanan bisa lebih lengang dan anak-anak bisa kembali tidur selama di perjalanan. Jangan lupa sarapan terlebih dulu ya, Moms!

Pastikan juga pintu dan jendala sudah dalam keadaan terkunci sebelum mobil melaju, supaya menjaga keamanan anak-anak di dalamnya.

Saat menggunakan transportasi umum pun kamu dituntut buat memberikan penjagaan ekstra sama anak-anak. Pastikan anak-anak duduk di tempat yang aman di dalam transportasi umum itu.

Ingat juga buat nggak menggunakan pakaian/perhiasan yang terlalu mencolok saat bepergian. Apalagi kalau menggunakan transportasi umum.

4. Istirahat Sejenak

Rest
Jangan memaksakan keadaan. Istirahat sejenak di sela-sela perjalanan bisa bikin traveling lebih nyaman, apalagi saat perjalanan jauh bareng anak.

Istirahat sejenak supaya anak-anak nggak bosan. Bapak ibu juga bisa selonjoran dulu setelah perjalanan jauh. Manfaatkan saat istirahat ini buat sekalian ke toilet.

Kalau menggunakan transportasi umum pun, pastikan kasih waktu buat anak-anak untuk beristirahat sejenak ya, Mom. Jangan terlalu memaksakan keadaan, kecuali ayah bunda sudah yakin kalau mood si anak bakalan aman sampai ke tempat tujuan.

5. Bawa Hiburan

Bawa mainan
Selain camilan khusus buat anak-anak, jangan lupa juga bawa hiburan ya, Gaes. Misalnya, mainan favorit, buku atau mungkin dikasih gadget sesekali. Tapi ingat juga buat batasannya.

Kalaupun anak-anak dikasih gadget, pastikan selalu dalam pengawasan orang tua, ya. Jangan biarkan anak-anak mengakses sendirian. Supaya keamanannya tetap terjaga.

Jangan sampai juga, karena ketentuan gadget ini nantinya malah bikin anak-anak semakin tantrum dalam perjalanan. Duh lah! Pokoknya, orang tuanya sudah yang paling paham soal hiburan buat anak-anaknya sendiri.

Tiru dan Modifikasi

Tips di atas cuma sebagian kecil tips traveling nyaman untuk perjalanan jauh bareng anak yang aku bagikan. Banyak banget hal yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum melakukan perjalanan jauh bareng anak.

Mungkin poin-poin di atas bisa jadi gambaran yang bisa kamu tiru dan dimodifikasi sesuai kebutuhan dan keadaan anak-anak.

Coba ditambahin lagi, tips apa yang kira-kira paling ampuh menurut kalian yang sudah sering melakukan perjalanan jauh bareng anak, Gaes.
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment