banner

Bertualang ke Tempat Baru? Simak 6 Cara Memilih Makanan Halal saat Traveling Ini !

Post a Comment

Cari makanan halal

Buat traveler muslim, saat melakukan perjalanan ke sebuah tempat baru, terutama yang memiliki penduduk mayoritas non-Muslim, tentu memilih makanan jadi hal yang juga harus diperhatikan, ya. Nggak bisa sembarang duduk di setiap warung yang ditemui.

Nggak cuma di Luar Negeri, di Indonesia pun hal ini juga harus banget jadi perhatian, loh. Nah, ini dia 6 cara memilih makanan halal saat traveling. Hindari menggunakan jurus capcipcup, ya!

6 Cara Memilih Makanan Halal saat Traveling

Cara memilih makanan

Sebelum memastikan buat mengunjungi tempat tertentu, pastinya sudah ada riset kecil-kecilan dulu lah ya. Seenggaknya, biar kita juga sedikit belajar pengetahuan tentang suatu kota itu. Termasuk di antaranya penggunaan bahasa, ya. Karena hal ini juga nantinya bakalan bantu banget dalam perjalanan kita.

Beruntung saat ini kita bisa mengakses segala pengetahuan itu dengan mudah pakai internet. Meskipun sudah riset, biasanya ada aja sesuatu hal yang nantinya nggak sesuai dan di luar perencanaan kita. Misalnya saat memilih makanan. Rupa-rupanya, nggak semua resto di luar sana menyediakan masakan halal.

Supaya nggak menghambat dan menghabiskan waktu travelingmu buat sekadar mencari-cari tempat makan halal, sini aku kasih tau deh 6 cara memilih makanan halal saat Traveling !

1. Riset Tempat Makan

Nah, ini hal penting. Sebelum datang dan berkunjung ke kota atau negara baru, sangat-sangat penting buat riset, khususnya soal kuliner.

Telusuri segala hal yang berkaitan dengan kuliner halal di internet. Catat kemudian tentukan yang terdekat sama tujuan yang bakalan kamu tempuh. Catat nama restonya, jam buka, kalau perlu pastikan menunya dulu. Jangan malas lihat ulasannya juga.

2. Membawa Makanan dari Rumah

Setelah melakukan riset dan kemungkinan masih merasa kesulitan buat mendapatkan makanan halal di tempat tujuan, saranku sih bawa makanan dari rumah aja. Apalagi kalau tempat tujuan itu baru pertama kali kamu datengin, dan nggak ada kenalan atau kerabat di sana.

Membawa makanan dari rumah bisa jadi pilihan yang tepat, karena bisa kamu sesuaikan sendiri. Apalagi, zaman sekarang sudah banyak juga makanan kemasan yang memang dirancang buat dibawa bepergian jauh. Dan yang jelas, kamu bisa pastikan sendiri kehalalan makanan tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah jumlah bawaannya. Jangan sampai bawa makanan terlalu banyak dan malah merepotkan dirimu sendiri. Jangan lupa, tujuan kamu buat traveling, bukan buka usaha. Hehe.

3. Memasak Sendiri

Nah, biasanya ini bisa disesuaikan lagi sama kondisi penginapan yang kamu pilih. Kalau memilih penginapan yang menyediakan fasilitas memasak, kamu bisa manfaatin buat memasak sendiri makananmu. Memang lebih memakan waktu, tapi juga lebih aman dan bisa kamu tentukan sendiri sesuai keinginan.

Kamu bisa mampir supermarket buat beli bahan-bahan masakan yang tersedia. Lalu manfaatkan fasilitas yang ada! Lumayan bisa lebih hemat dibanding makan di luar.

4. Cari Masjid

Biasanya di sekitar masjid bakalan banyak resto yang berjualan makanan halal. Apalagi di luar negeri, biasanya ada komunitas muslim yang memang menyediakan restoran-restoran halal yang berdiri di sekitar masjid.

Kalaupun nggak ada, kamu bisa mencoba bertanya sama warga lokal di sekitaran masjid. Besar kemungkinan, mereka juga memeluk agama Islam. Kamu bisa coba tanyakan tempat makan halal terdekat dari lokasimu.

Bahkan kalau beruntung, kamu bisa diajak makan bareng di rumahnya, loh. Hehehe. Tapi jangan berharap lebih sama manusia, ya! Nggak boleh.

5. Pastikan Ada Sertifikat Halal

Kamu tau nggak, sih , kadang-kadang tulisan "No Pork No Lard" belum bisa menjamin kehalalan makanan yang tersedia di resto tersebut, loh. Karena konsep kehalalan suatu makanan kan nggak sekadar itu, bisa dari proses pemotongan dagingnya, cara dan alat-alat memasaknya, dan beberapa hal lain, termasuk campuran bahan-bahan memasak lainnya yang dianggap aman padahal belum tentu halal.

Nah, demi menghindari hal-hal yang menyebabkan keragu-raguan gini, mending pastikan dulu resto yang mau kamu kunjungi ini punya sertifikat halal resmi. Pokoknya hindari coba-coba, deh. Supaya liburanmu juga tetap berkah karena tetap menjaga diri dari makanan yang nggak halal.

6. Jangan Ragu Bertanya

Kalau semua cara memilih makanan halal saat traveling sudah kamu coba, jangan lupa cara paling bijak yang satu ini, yaitu bertanya. Pastikan kamu tanya dulu sama pemilik atau penjaga resto yang kamu pilih.

Misalnya, akhirnya kamu memilih menu seafood atau vegetarian, yang kemungkinan halalnya lebih besar. Kamu juga wajib tanyakan beberapa hal lainnya loh, misalnya campuran apa saja yang digunakan, alat memasaknya dan berbagai hal krusial lainnya yang bikin kamu yakin bahwa makanan itu halal.

Kamu juga boleh bertanya sama warga lokal, dimana bisa menemukan tempat makan halal. Mungkin itu bisa jadi referensi. Inget lagi pepatah lawas, "malu bertanya, sesat di jalan."

Jadi, jangan ragu bertanya, ya!

Kesimpulan

Hobi traveling bukan alasan buat kamu melalaikan kewajiban sebagai seorang Muslim. Termasuk di dalamnya, harus diperhatikan juga soal santapan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Harus yang halal dan tayib!

Nah, kadang-kadang mencari makanan halal di sebuah tempat baru tuh emang sedikit menantang. Apalagi, kalau tempat yang kamu kunjungi itu adalah tempat dengan mayoritas penduduknya bukan beragama Islam. Jangankan di luar negeri, di Indonesia pun masih bisa terjadi loh.

Itulah pentingnya kamu riset terlebih dulu soal tempat tujuan traveling kamu. Jangan sampai, waktu berliburmu cuma habis buat mencari-cari tempat makan halal.

Coba beberapa cara di atas ya, Gaes. Supaya liburanmu tetap menyenangkan dan mengenyangkan dengan makanan halal. Selamat mencoba beberapa cara mencari makanan halal saat traveling, teman sesudut.

Salam halal!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment