banner

4 Rekomendasi Tempat Makan Halal di Tondano

3 comments
Rekomendasi Tempat makan

Teman sesudut, ada yang familiar sama nama kota Tondano? Pernah dengar, atau bahkan asli atau sudah menetap lama di kota cantik ini?

Jujur aja, sebelum akhirnya menetap di sini, aku pun sama sekali nggak tau ada kota yang namanya Tondano ini. Pengetahuan geografisku emang rada-rada, nih. Hihi.

Nah, ceritanya, awal-awal tinggal di Tondano, aku merasa sedikit kesulitan menemukan tempat makan halal yang cocok di lidah. Referensi di internet pun kurang banyak. Jadi, sekarang, aku akan coba share empat rekomendasi tempat makan halal di Tondano. Semoga artikel ini bisa ditemukan oleh orang-orang yang memang membutuhkannya, ya…

Sejuknya Kota Tondano

Apa kalian pernah mendengar nama pahlawan nasional, Sam Ratulangi? Nah, dari kota inilah beliau berasal, gaes. Kota Tondano.

Tondano

Tondano merupakan ibukota dari Kabupaten Minahasa yang ada di Sulawesi Utara. Jarak dari kota Manado cuma sekitar 30-35 km. Kota Tondano terkenal sama danau Tondano-nya, yang merupakan danau terluas di Sulawesi Utara. Bahkan, danau ini jauh lebih dikenal dibanding kotanya sendiri. Kapan-kapan kita bahas deh.

Kesan pertamaku saat datang ke Tondano adalah, sejuk, seger, adem. Jauh berbeda sama cuaca di Manado yang super hot. Ya namanya juga kota di dataran tinggi. Dikelilingi perbukitan, dengan hutan-hutan yang juga masih sangat asri. Sejuk banget!

Selain jadi daerah penghasil kopi dan kopra terbesar pada masanya, Tondano juga dikenal sebagai daerah penghasil cengkeh berkualitas, loh! Hamparan kebun cengkeh sejauh mata memandang. Wow.

Sebagai pendatang yang hobinya keluyuran, kota Tondano cocok banget sih buatku. Karena punya beberapa destinasi wisata alam yang indah dan seru buat didatengin. Sayang banget kalau nggak dijelajahi mumpung masih di sini.

Mayoritas penduduk di kota Tondano adalah suku asli Minahasa yang memeluk agama Kristen. Tapi banyak juga etnis lain yang berbaur di kota kecil ini, Gaes. Ada juga loh kampung Jawa-Tondano, yang dulunya dibangun sama kelompok tahanan perang yang diasingkan ke Tondano.

Makanan Halal di Tondano

Kesulitan mencari informasi tentang tempat makan halal di Tondano bikin aku tergerak buat menulis ini. Dulu awal kedatanganku ke sini, rasa-rasanya agak kebingungan buat cari makanan halal, selain masak sendiri.

Masalahnya, hobi keluyuran ini harus disokong sama makanan-makanan enak buat penambah energi, kan. Sementara di Tondano sendiri, jauh lebih berhamburan tempat-tempat makan yang menyediakan makanan non-halal. Apalagi makanan-makanan ekstrimnya.

Waktu nyoba berselancar di internet-pun, nggak banyak informasi yang bisa didapat. Kecuali nanya langsung sama warga sekitar, ya. Maklum, namanya juga anak baru. Hehe.

Nggak kayak di Manado yang punya lebih banyak pilihan, tempat makan halal di Tondano terbilang sedikit. Emang sih banyak warung makan dengan penjual non Muslim, yang menyediakan menu-menu yang 'terlihat' aman. Tapi buat aku pribadi, daripada ragu lebih baik tinggalin. Wallahualam.

Nah, karena sudah merasa kelamaan di sini, dan tau beberapa tempat makan halal di Tondano yang pas di lidah, lebih baik aku teruskan informasi ini. Mudah-mudahan sampai ke kalian yang benar-benar membutuhkan.

Empat Rekomendasi Tempat Makan Halal di Tondano

Nggak banyak-banyak, karena ini yang paling pas menurut lidah (dan dompetku).

1. Java Restaurant

Java

Aku udah pernah bahas ini sebelumnya. Menu andalanku kalau di sini Nasi ayam goreng lalapan dan Coto hati. Tempat makan ini juga jadi salah satu rekomendasi banyak orang.

Banyak pilihan menu, yang semuanya lumayan memanjakan lidah. Apalagi harganya standart pulau Sulawesi, lah. Dua puluh lima ribu rupiah per-porsi ayamnya. Dengan mengusung nama Restaurant sih, harga makanan di sini termasuk oke.

Java Restaurant terletak di Jalan Sam Ratulangi atau Jalan Pasar Bawah, Tondano Barat. Letaknya nggak jauh-jauh dari pusat kota Tondano. Masih gampang buat ditemukan.

Tempat makan halal di Tondano yang satu ini auto ramai kalau lagi ada event besar di sini. Karena biasanya bakalan banyak pengunjung Muslim yang mampir makan di sini. Jadi, teknik marketing dari bibir ke bibirnya sudah nggak perlu diragukan lagi.

Tempat makan ini buka setiap hari, tapi seringnya libur di hari-hari besar atau tanggal merah. Buka dari pagi sampai jam delapan malam.


2. Bakso Mas Ujang

Bakso Halal

Nah, urusan perbaksoan kalau di Tondano paling top emang di tempatnya Mas Ujang. Warungnya sederhana, cuma di halaman rumah. Bahkan nyempil di dalam gang sempit, jauh dari jalan besar. Tapi jangan salah, kalau telat datang sudah pasti nggak kebagian.

Ini warung bakso paling hits se-Tondano Raya. Harganya cuma dua puluh ribu rupiah per-mangkuk. Sayangnya, cuma buka dari jam sembilan pagi sampai jam dua siang. Bahkan, sebelum jam dua seringnya sudah habis, Gaes. Saking larisnya. Masya Allah…

Oh iya, hari minggu warung ini tutup, ya. Saranku, datang pas hari dan jam kerja. Jangan kesiangan tapi. Warung bakso Mas Ujang ini terletak di jalan Sasaran, Tondano Utara. Nggak jauh dari stadion Maesa Tondano.

Ceritanya, sudah puluhan tahun silam, Mas Ujang berjualan bakso keliling, Gaes. Lalu bisa berjualan di depan pintu masuk stadion, sampai akhirnya memilih berjualan di halaman rumah. Walaupun gitu, bakso sapi olahan tangan Mas Ujang ini tetap laris manis.

3. Warung Muslim WRH


Rawon

Rekomendasi tempat makan halal selanjutnya ada di Warung Muslim WRH. Kalau di sini, menu andalanku juga masih nasi ayam lalapan, Gaes. Daging ayamnya lembut, bumbunya kerasa, dicocol ke sambalnya beuh luar biasa rasanya.

Menu favorit kedua, ada rawon. Beberapa kali jajan rawon di Sulawesi, baru di sini sih aku dapetin rasa rawon yang cukup otentik. Worth to buy, lah! Dua menu rekomendasi tadi dipatok seharga dua puluh lima ribu per-porsinya.

Warung ini letaknya juga cukup strategis, terlihat jelas dari jalan besar. Ada di perempatan jalan Pinaesaan. Komplek rumah dinas TNI. Buka setiap hari dari pagi sampai malam.

4. Mie Ayam dan Bakso Sapi Putra Jaton


Mie ayam

Kalau tadi bakso yang ngehits, sekarang ada mie ayam kebanggaan warga Jawa Tondano alias Jaton. Setelah petualangan mencari mie ayam jawa di Tondano, langkahku terhenti di sini, Gaes.

Mie ayam di sini mantul. Dengan rasa kenyal manis bercampur gurih, ditambah taburan pangsit yang dipotong kecil-kecil gitu. Ya ampun, ngiler mulu kalau ngebayangin. Bahaya.

Mie ayam dan bakso di sini, dijual seharga dua puluh ribu aja per-porsinya. Terletak di jalan Lingkungan 1, Tegal Redjo, Tondano Utara. Persis di samping Masjid Diponegoro.

Tempat makan halal di Tondano yang satu ini, buka dari jam tiga sore sampai malam (habis). Kalau kalian cari mie ayam Jawa versi Jawa Tondano, datanglah ke sini.

Ayo ke Tondano

Meskipun cuma ngasih empat rekomendasi, sebenarnya masih banyak lagi tempat makan halal di Tondano, Gaes. Hanya saja, keempat rekomendasi di atas sudah melalui penilaian subjektif penulis. Hahaha.

Masih banyak kok tempat makan halal di Tondano. Bahkan ada grup khusus di facebook yang sharing jualan makanan-makanan halal. Jadi, jangan ragu-ragu buat main ke Tondano, ya! Banyak teman muslimmu yang bersedia membantu.
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

3 comments

  1. Thankyou rekomendasinya bun, sangat membantu bagi perantau pemula

    ReplyDelete
  2. Sama sulitnya dengan Tomohon tetangga Tondano ya😂

    ReplyDelete

Post a Comment