banner

Menikmati Kuliner Serba Tuna di Tuna House Manado

Post a Comment
Tuna house

Siapa coba yang nggak doyan makan ikan? Kalau aku sih suka banget. Apalagi, kalau tinggal di Sulawesi Utara gini, surganya makanan laut. Olahan berbagai macam ikan laut ada di sini.

Jadi ceritanya, pas awal-awal menetap di sini, sepulang kerja suami pernah bawain aku makanan. Satu kotak nasi putih dengan lauk ikan dan sambal matah. Dari tampilannya kayak kurang menggoda gitu. Karena nggak ada sayuran dan lain sebagainya. Ternyata pas dicicipi, MasyaAllah… Nagih.

Rasa daging ikannya yang lembut, bumbunya yang pas meresap banget sampe ke dalem-dalem. Pokoknya nggak ada rasa amis dari ikan sama sekali. Bikin aku ter-wow-wow saat mengunyah. Itulah awal perkenalanku sama Tuna House.

Sejak saat itu, Tuna House jadi tempat yang paling sering muncul di dalam budget list makan di luar kami. Iya, nggak sering-sering karena takut bosen (bangkrut).

Naaah, akhir pekan yang lalu, aku berkunjung lagi nih ke tempat makan favorit yang emang super terkenal banget di sini. Percaya deh, kuliner serba tuna di Tuna House ini wajib deh kalian masukin daftar kunjungan kalau lagi ke Manado. Jangan sampai kelewat!

Kuliner Serba Tuna di Tuna House


Kuliner

Salah satu kuliner yang khas dari kota Manado adalah ikan Tuna. Bahkan hidangan tuna ini sudah jadi ikon yang cukup erat banget nih sama kota Manado. Sampai-sampai ada yang bilang, belum sah ke Manado kalau belum coba Rahang Tuna atau Tuna Woku Belanga.

Salah satu tempat makan rekomendasiku adalah Tuna House. Dari namanya aja sudah kebayang lah ya sajian menu apa aja yang ada di dalamnya. Sudah pasti didominasi oleh berbagai macam olahan ikan tuna.

Tuna House di Manado sendiri sudah punya beberapa cabang, Gaes. Ada di Paniki, Mapanget, Boulevard 2 Karangria, Tuminting, Kawasan Mega Mas dan Tikala. Tinggal di sesuaikan deh mau coba di cabang yang mana. Alhamdulillah, aku sendiri sudah nyoba di hampir semua cabang di Manado. Dan semuanya rekomended! Jempolan.

Menikmati kuliner serba tuna di Tuna House ini emang serunya pas lagi rame-rame, gaes. Kayak misalnya kalau lagi ada tamu dari luar kota, arisan, atau sebagainya. Karena ada beberapa menu yang porsinya lumayan banyak. Bisa buat makan berdua sampai tiga orang.

Berawal dari Keresahan

Sebelum mencapai kesuksesan kayak sekarang ini, tentu dong ada yang namanya titik awal, perjuangan serta jatuh bangunnya sebuah usaha. Ada satu kisah menarik sih yang aku dapat dari kuliner serba tuna di Tuna House ini.

Menurut situs detikmanado.com, Ricky Jo selaku owner dari Tuna House, awalnya merasa resah sama kehidupan mereka. Hidup di alam yang menghasilkan ikan tuna berlimpah, tapi hanya dapat menikmati baby tuna doang. Yang bahkan dianggap nggak mengandung omega-3 saking mininya. Ikan-ikan tuna pilihan justru diekspor ke negara-negara lain.

Yaaa, miris, sih. Memangnya nggak bisa ya kita menikmati sendiri hasil alam kita yang berlimpah ini? Hehe.

Nah, berawal dari keresahan itu, lalu tercetuslah ide brilian buat merintis bisnis kuliner serba tuna. Kerennya, usaha mereka membuahkan hasil yang luar biasa. Terbukti kuliner serba tuna di Tuna House sekarang terkenal seantero Manado.

Keistimewaan Menu di Tuna House

Menu

Menu yang ditawarkan di Tuna House nggak cuma mengandalkan keberlimpahan hasil laut Sulawesi Utara aja, tapi juga menciptakan rasa yang menggoda selera. Walaupun mengusung tema kuliner serba tuna, masih ada menu lainnya juga kok yang sayang kalau dilewatin.

Kalau rekomendasi menu tuna yang harus kalian cicipi di sini ada Sate Tuna, Tuna Woku, Tuna Bumbu RW, dan Rahang Tuna bakar. Favorit aku yang Rahang Tuna dan Tuna Woku. Penyuka makanan pedas kudu cobain sih. Menyantap rahang tuna bakar yang sudah bertabur rica (sambal).
Rahang

Jangan salah, bagian dari kepala ikan tuna ini punya cita rasa yang enak banget. Meskipun dulunya bagian rahang ini dibuang, tapi kini justru dicari-cari. Hampir setiap rumah makan di sini ada menu rahang tuna bakarnya. Karena memang seprimadona itu.

Selain rahang tuna, kuliner serba tuna di Tuna House yang harus kalian coba lagi adalah Tuna Woku Belanga. Satu mangkuknya berisi beberapa potong kecil ikan tuna. Bumbu woku sendiri sudah terkenal banget di Manado. Rasa rempahnya yang khas, dicampur aroma pedas, ditambah gurih dari ikan tuna. Sempurna!

Tuna

Oh ya, bagi kalian yang pengin nyoba sensasi baru, makan tanpa nasi, bisa banget deh cobain pesan ubi rebusnya. Dipaduin sama kuah dari tuna wokunya juga nyatu banget. Sangat memanjakan lidah. Sementara bagi kalian yang membawa anak, boleh banget cobain sate tunanya. Karena sambalnya dipisah, jadi aman.

Kuliner serba tuna di Tuna House ini dibandrol dari harga 35 sampai 70 ribu rupiah. Kalau dibanding sama rasanya, harga segitu nggak bakal bikin rugi, sih. Karna nggak cuma enak, tapi enak banget.

Suasana dan Desain Interior

Ruangan

Nggak cuma menghadirkan menu-menu yang lezat di lidah, Tuna House juga menawarkan suasana yang menyenangkan dan desain interior yang menarik di setiap cabangnya. Interior kayu yang khas membuat suasana di Tuna House terbilang nyaman dan hangat. Beberapa patung ikan tuna yang terpajang di dinding juga selalu menarik minat anak-anak.

Tempatnya bersih dan cukup luas, nyaman buat makan-makan bareng keluarga. Meskipun nggak instagramable banget, tapi beberapa sudut tetap menarik buat diabadikan. Apalagi kalau berkunjung ke cabang Tuna House di Kawasan Mega Mas. Pemandangan teluk Manado bakal melengkapi suasana makan yang nyaman.

Welcome Home Tuna Freak

Tuna freaks

Mengunjungi kota Manado dengan segala keindahannya, nggak akan lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Ini merupakan panggilan buat para pecinta tuna. Kuliner serba tuna di Tuna house cocok buat menemani perut laparmu!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment