banner

Rekomendasi Cerita Wattpad Tentang Kesehatan Mental

Post a Comment

Rekomendasi



Teman sesudut yang suka baca wattpad, mari sini kumpul. Kali ini aku mau kasih rekomendasi cerita wattpad tentang kesehatan mental, nih.

Belakangan ini aku sering banget deh dengar kalimat 'kena mental'. Mungkin sekadar candaan, ya. Tapi tau nggak, sih, gaes, kesehatan mental nggak bisa dibecandain gitu. Masalah kesehatan mental nggak bisa dianggap sepele.

Sama pentingnya kayak kesehatan fisik. Kalau kesehatan mentalnya terganggu, lambat laun juga akan berpengaruh sama kondisi fisik dan kualitas hidup kita. Maka dari itu, keduanya harus banget kita jaga.

Buat kalian yang tertarik sama bacaan ringan seputar kesehatan mental, nah tiga rekomendasi bacaan ini cocok deh buat nemenin hari-harimu. Selain punya tema besar seputar kesehatan mental, ada pesan-pesan spiritual yang juga bisa kita ambil hikmahnya.

Ketiga cerita ini nggak akan bikin kamu pusing deh, karena bahasanya yang ringan dan santai. Walaupun bahas soal kesehatan mental, tapi mudah banget buat kita pahami dan ambil sisi positifnya.

Oh iya, ketiganya sama-sama diterbitkan di akun wattpadnya spiritual writing project. Nggak usah panjang-panjang lagi, ah. Ini dia tiga rekomendasi cerita wattpad tentang kesehatan mental. Yuk kita bahas!

Cerita Wattpad Tentang Kesehatan Mental

1. Lets Be Happy, Mom!



halodwyta


Ini rekomendasi yang pertama, karena ditulis sama aku sendiri, gaes. Hehehe. Gapapa lah pamerin karya sendiri di rumah sendiri. Karena emang sesuai sama salah satu fokus niche blog ini, ya, teman sesudut.

Naskah yang aku tulis ini bercerita tentang tokoh bernama Dahayu, yang sering banget mengalami kekerasan verbal dan fisik dari ibu kandungnya sendiri. Paksaan, cacian bahkan pukulan kayak jadi makanan sehari-hari deh buat Ayu. Padahal, sikap ibunya sama si adik, Dahlia, sangat lembut dan hangat. Jauh berbeda kalau sama Ayu.

Sampai suatu hari akhirnya Ayu memilih buat menikah di usia muda. Tujuannya? Ya buat keluar dari rumah dan keterasingan yang dia rasakan setiap hari di rumah sendiri. Sayangnya, memilih buat menikah dan meninggalkan rumah, justru menimbulkan masalah baru buat Ayu. Dimulai sejak Ayu melahirkan anak pertamanya.

Pernah dengar soal depresi pasca melahirkan, kan? Nah, depresi yang awalnya cuma dianggap sepele sama Ayu, nyatanya semakin berubah menakutkan. Hampir mengancam nyawanya juga anaknya sendiri.

Kelanjutannya gimana? Silakan kunjungi akun wattpad swp_writingproject, aja, gaes! Rekomendasi cerita wattpad tentang kesehatan mental yang satu ini akan menemani hari-hari kalian dengan perasaan campur aduk.

Walaupun agak ngeri juga lanjutin menulisnya waktu itu, karena pernah dapat komentar kalau ternyata tulisanku itu justru bikin seseorang dengan gangguan mental jadi ketrigger. Ada juga yang bilang kalau mereka jadi takut buat menikah.

Intinya sih, aku menuliskan cerita wattpad tentang kesehatan mental itu sebagai bentuk suaraku sebagai perempuan. Aku pengin orang-orang tuh paham rasanya jadi ibu tuh campur aduk banget.

Kalau seorang ibu sudah bilang capek, tolong jangan dianggap remeh. Tolong jangan anggap depresi pasca melahirkan itu kurang iman, dan kami para perempuan wajar merasakan demikian. Tolong didengarkan, dirangkul. Jangan ditinggal atau malah dianggap lebay. Sedih aku tuh. Banyak banget nemuin hal kayak gitu soalnya. 

Dah lah malah marah-marah. Hahaha.
Yang jelas, aku berharap cerita itu bisa diambil pelajaran dan hal-hal baiknya aja, ya. Cuss kepoin yuk!

2. Forsythia dan Pilihannya


Nisa


Masih di akun wattpad yang sama, cerita wattpad tentang kesehatan mental yang satu ini ditulis sama im_nisaa (Nisa). Awal baca blurb ceritanya akan bikin bertanya-tanya banget, sih. Ini kira-kira bakalan gimana ya endingnya. Penasaran.

Menceritakan tentang seorang perempuan bernama Thia. Forsythia si people pleaser yang punya rasa nggak enakan yang kelewat tinggi ini bersahabat sama Azalea sejak lama. Jelas ya kalau sahabatan sudah lama tuh pastinya sefrekuensi banget.

Sampai-sampai, tipe cowok idaman pun sama, bahkan juga dengan orang yang sama. Sampai akhirnya Thia yang memenangkan hati Mas Akas. Tapi, kan, Thia orangnya nggak enakan, gaes? Gimana dong sama sahabatnya, si Azalea?

Apakah posisi sahabat ini bakalan berubah jadi madunya? Ini kisah yang penuh hikmah, sih, gaes! Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari sana.

Soal sikap nggak enakan yang berlebihan, dan ingin selalu menyenangkan semua orang yang justru malah bikin diri sendiri banyak menderita. Ini juga termasuk salah satu gangguan mental yang nggak bisa dianggap remeh, gaes

Rekomendasi cerita wattpad tentang kesehatan mental yang satu ini wajib juga kalian masukin ke rak buku! Ayo, yang sering ngerasa nggak enakan dan kepengin nyenengin orang mulu, wajib banget baca kisah ini.

3. Blasio Note


Eliy


Rekomendasi cerita wattpad tentang kesehatan mental terakhir nih, gaes. Tetap di akun yang sama, tapi di tulis sama Mbak EliyNorma. Penulis keren yang satu ini karyanya sudah berhamburan di platform mana-mana loh, gaes. Rugi kalau kalian nggak baca karyanya yang satu ini.

Jadi, Blasio note ini menceritakan tentang seorang cewek dengan gangguan kecemasan akut, namanya Kamala. Kondisi gangguan kecemasan itu semakin diperparah sama vonis ablasio retina yang dideritanya.

Sebagai penulis dan editor, tentunya keadaan ablasio retina yang Kamala derita bikin dia sangat merasa terganggu. Berujung membuat dia selalu merasa ketakutan, putus asa sampai-sampai dia menyalahkan Tuhan atas keadaannya itu.

Sampai Kamala ketemu nih sama seorang cowok bernama Dion yang ujug-ujug mengutarakan niatnya buat menikahi Kamala. Waah ini seru, sih. Dalam perjalanannya nanti, banyak hikmah yang bisa kita ambil pelajaran.

Lalu, apakah Kamala bisa menaklukkan ablasio retinanya? Terus, gimana nih lamaran Dion? Diterima nggak yaaa? Langsung aja meluncur ke wattpad, gaes!

Penutup

Sebagai seorang blogger merangkap penulis platform yang masih cupu ini, aku banyak banget belajar dari senior-senior di beberapa komunitas yang aku ikutin, gaes.

Beberapa pelajaran juga aku saring dari membaca karya-karya mereka, kayak rekomendasi cerita wattpad tentang kesehatan mental di atas. Walaupun ngomongin soal kesehatan mental, tapi dikemas dalam bentuk cerita bersambung yang enak dibaca.

Sekali lagi, aku pengin banget menyampaikan bahwa kesehatan mental kita itu harus dijaga sama halnya kayak kesehatan fisik. Nggak perlu malu dan disimpan sendirian kalau kamu sudah merasa ada yang salah sama mentalmu.

Kalau naik gunung atau ke pantai aja nggak mengobati itu semua, mungkin kamu bisa healing dengan tulisan. Yang lebih penting, temui seseorang yang tepat buat berbagi. Walaupun tentunya, kita nggak bisa mendiagnosa sendiri keadaan mental kita ya, gaes, ya. Tetap harus ada diagnosa dari ahlinya.

Tapi, kita bisa banget cari tau ciri-ciri atau gejalanya lewat media internet, gaes. Harus sadar dan segera lakukan pencegahan biar nggak semakin parah. Temui ahlinya!

Nah, buat nambah-nambah wawasan seputar kesehatan mental, pokoknya kalian wajib banget, sih, baca tiga rekomendasi cerita wattpad tentang kesehatan mental di atas. Yuk lah langsung kepoin!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment