banner

6 Tips Agar Anak Gemar Membaca Buku. Cobain, Yuk!

Post a Comment

6 Tips



Assalamualaikum, teman sesudut.
Sebagai orang tua yang baru seumur jagung, rasanya senang deh kalau lihat anak gemar membaca buku. Sementara di luaran sana banyak juga orang tua berlomba-lomba mengenalkan anaknya pada kemajuan teknologi alias gadget.

Nggak ada yang salah, gaes. Karena mendidik anak memang harus sesuai dengan zamannya, kan? Di rumah, kami pun mengenalkan anak pada gadget. Tapi melihat anak sulungku yang baru berusia 4 tahun sudah sangat dekat dengan buku tuh, so special, Beb. Masya Allah.

Manfaat Anak Gemar Membaca Buku

Sejak dulu, pasti sudah pada tau kan, kalau membaca adalah jendela dunia. Nah, berbekal dari hal itu lah aku sebagai ibu pengin banget anak-anakku berkenalan dengan buku sedini mungkin. Syukur-syukur kalau nantinya anak juga suka menulis.

Wah, pasti tambah klop deh sama ibunya. Kan seru!

Oke. Nih, ya, aku bocorin beberapa manfaat anak suka membaca dulu sebelum kita membahas lebih jauh lagi.


Manfaat



1. Menstimulasi Perkembangan Otak

Perkembangan otak anak di 1000 hari pertama kehidupannya berkembang sangat-sangat pesat. Yang aku alami sekarang, sih, di usia 4 tahun ini pun kemampuan belajar si anak masih sangat-sangat cepat.

Nah! Dengan dibiasakan membaca (awalnya dibacakan), bisa menstimulasi hubungan antara sel saraf dalam otak untuk mengantarkan informasi. Ini juga berpengaruh loh sama kemampuan berbicara si anak.

Kosa katanya semakin banyak, dan pengucapannya cukup jelas. Jadinya, di usianya 4 tahun ini dia sudah bisa menyampaikan informasi dengan jelas ke orang lain.

Dan kelebihan lain yang nggak aku sangka-sangka, di usianya sekarang dia sudah bisa membaca kalimat-kalimat sederhana tanpa mengeja. MasyaAllah banget, kan manfaat anak gemar membaca buku ini, Bun.

2. Perkembangan Mental Lebih Baik

Katanya, anak yang terbiasa membaca sejak dini itu bisa tumbuh jadi anak yang lebih percaya diri. Insya Allah, iya. Karena dengan membaca, anak menjadi lebih banyak tahu, Bun.

Anak gemar membaca buku juga menjadi lebih tenang, karena buku bisa jadi sarana pelariannya dia pas lagi bosan atau ada masalah.

3. Memperkuat Bonding dengan Orangtua

Karena sering membacakan buku buat anak, otomatis bonding antara kami semakin kuat. Dan hal itu yang memang sengaja aku bangun sejak dini.

Apalagi, anakku laki-laki. Kedekatan ini nantinya yang aku harap bisa terus melekat sampai dia dewasa. Membaca bisa menciptakan keakraban yang lebih hangat sama anak.

Selain itu, kegiatan membaca ini membuat anak selalu merasa dicintai dan mendapatkan perhatian, yang juga bermanfaat membantunya untuk tumbuh cerdas.

4. Meningkatkan Rasa Empati Anak

Saat kita membaca bareng anak, otomatis otaknya ikutan berimajinasi dan membayangkan adegan demi adegan, kan, gaes. Nah di saat itu juga anak bakalan ikut mengeksplorasi pikiran mereka mengenai pengalaman karakter di dalam buku.

Dari wawasan yang kayak gitu, akan tumbuh rasa empati dari sebuah situasi dalam bacaan. Ini akan membuat anak lebih mudah berpikir logis dan bertindak lebih hati-hati di kehidupan nyata.


Itu tadi cuma sebagian besar manfaat anak gemar membaca buku, selain itu masih banyak lagi manfaat lainnya, gaes. Makanya nggak salah banget sih kalau ini mulai digalakkan dari sekarang.


6 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Setelah tau beberapa manfaat membaca bagi anak, sekarang aku pengin sedikit berbagi tips nih, Bun, gimana sih caranya agar anak gemar membaca buku?

Ini beberapa hal yang relate sama pengalaman aku aja ya, gaes, ya. Tapi Insya Allah akan cukup membantu bagi para orangtua yang baru mulai, atau baru berniat mengenalkan anak-anaknya sama buku bacaan.


6 tips


1. Berdoa dan Niatkan Demi Allah

Sebelum kita lakukan banyak cara, ini adalah dasarnya, gengs. Beneran, deh! Apalagi kita sebagai ibu, kalau berdoa dan meniatkan yang baik-baik buat anak, Insya Allah bakalan dimudahkan jalannya sama Allah.

Ini yang benar-benar aku tanamkan sejak awal. Aku pengin, anakku lebih akrab dengan buku sejak dini. Nggak kayak ibu dan bapaknya yang suka skip baca buku. Hehe.

Jadinya, Alhamdulillah benar-benar diberi kelancaran dan kemudahan dalam perjalanannya. Bahkan tanpa harus drama berdarah-darah. Hehe. Lebay, kan? Tapi ada loh beneran yang kayak gitu.

Kembalikan lagi ya sama nilai dan tujuan yang pengin dibangun dalam keluarga kecil kita itu.


2. Tunjukkan dan Beri Contoh

Sebelum kita pengin anak gemar membaca buku, tentunya kita sebagai orangtua dulu dong yang harus bener-bener nunjukkin dan ngasih contoh. Masa ya tiba-tiba anak diminta suka baca buku padahal di rumah, dia nggak pernah lihat orangtuanya baca buku?

Kan agak aneh, ya, Bun, kalo begitu. Hihihi. Padahal kita sendiri kan tahu kalau anak itu peniru ulung. Dia sangat-sangat lihai dalam hal meniru apa-apa yang dilakuin dan diucapin sama orangtuanya.

Jadi, ayo, buibu dan bapak-bapak, kita mulai dulu membangun kebiasaan baik dari diri kita sendiri. Supaya anak-anak bisa melihat dan mencontoh dengan penuh kesadaran, tanpa harus dipaksa.

3. Buat Waktu Khusus Membaca Bersama

Sejak anak sulungku bayi, aku sengaja membeli beberapa buku buat membaca bersama. Walaupun kata orang-orang, bayi mana paham, sih, dibacain buku gitu. Tapi aku yakin sih kalau pada dasarnya, Allah menciptakan manusia kecil itu dengan otak yang cerdas.

Semua anak-anak itu fitrahnya baik dan pintar. Tinggal kita sebagai orangtua nih yang mau mengarahkannya seperti apa.

Aku sendiri memang meluangkan waktu setiap hari membaca bersama, dan itu jadi kebiasaan sampai sekarang. Alhamdulillah, sekarang malah anaknya yang suka nagih-nagih buat membaca.

4. Memilih Buku Bersama

Ini juga jadi salah satu trik, sih, biar anak gemar membaca buku, Bun! Ajak aja anak ke toko buku, dan minta dia pilih sendiri buku yang menarik.

Tapi tetap di bawah pengawasan kita sebagai orangtua juga ya, memilih bukunya. Jangan biarin anak memilih buku yang belum sesuai sama usianya. Jadi, tetap diarahkan aja.

5. Selingi Membaca dengan Permainan

Biar nggak bosen dan jenuh, sehabis membaca kita bisa selingin sama aktivitas atau permainan yang masih berkaitan sama bacaannya tadi. Misalnya, anak lagi suka membaca tentang dinosaurus, kita bisa menyelingi kegiatan membacanya sama permainan kejar-kejaran.

Atau permainan-permainan lain deh, yang sekiranya masih ada hubungannya sama buku bacaannya. Ini bisa memancing stimulasi otaknya juga loh, Bun. Apalagi kalau diselingin sama kegiatan fisik. Biar seimbang otak dan ototnya.

6. Menceritakan Isi Bacaan

Biar lebih bersemangat, minta anak menceritakan hasil bacaannya hari itu. Biasanya, anak kecil tu suka banget disuruh bercerita. Apalagi kalau berkaitan sama apa-apa yang dia suka.

Nah, biasanya di sini anak bakalan balik meminta kita buat menceritakan isi bacaan kita juga, gaes. Jadi, siap-siap aja, ya! Ikutan baca ya, Bun! Hihi


Penutup

Itu tadi tips menurut pengalaman aku ya, gaes, ya. Sebagai ibu dari dua anak cilik, yang pengin mengubah kebiasaan hidup anak-anak jadi lebih baik dengan membaca.

Karena aku sendiri pun sudah lelah, bun, kalau anak-anak justru sibuk sama gadgetnya. Hihi. Pengalaman agak tidak menyenangkan sih, ini. Lain kali lah ya dibahas lagi. Makanya, aku lebih suka kalau anak-anakku sibuk sama buku saja.

Setelah anak mulai senang membaca, orangtua kudu siap-siap deh dengan banyak pertanyaan yang semakin ajaib setiap harinya. Dan itu bakalan seru! Dijamin, deh. Masya Allah. Hihi.

Kalau kalian orangtua, yang pengin memulai kebiasaan anak gemar membaca buku, semoga artikel ini sedikit banyaknya bisa membantu, ya! Jangan lupa tips nomor 1 dikencengin!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment