banner

Daftar Google News Untuk Blogger? Manfaatnya apa, sih?

Post a Comment

Daftar


Assalamualaikum, teman sesudut. Sudah pernah mencoba daftar google news? Tau nggak, ternyata manfaat google news itu sangat berperan penting loh buat blogger pemula kayak aku.

Awalnya, aku mana paham sama hal-hal ini. Sampai pada akhirnya, ilmu dari beberapa suhu itu sampai ke telingaku melalui perantara blogspedia coaching. Sebagai anak baru yang terus menerus dikucuri ilmu sama para coach, aku merasa bersyukur dan beruntung banget, gaes!

Serius! Makanya, aku antusias banget nih buat praktikin daftar google news, lalu sebisa mungkin juga aku share ke kalian lewat artikel-artikelku di sini. Semoga bisa meneruskan ilmu yang bermanfaat ini, gaes. Aamiin.


Apa itu Google News?

Sebelumnya, mari kita berkenalan dulu sama produk google yang satu ini. Namanya, google news, atau google berita.

Mengutip dari situs wikipedia, google news merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Sebelumnya, google news lebih dikenal dengan nama google warta.

Nggak cuma menampilkan berita-berita dari Indonesia, google news pun menampilkan berita-berita dari seluruh dunia. Nah, salah satu keunggulannya, di google news ini kita bisa dengan mudah mendapatkan berita-berita berdasarkan topik, lokasi, atau sumber berita.

Dan yang paling penting nih, gaes, google news nggak cuma menampilkan artikel-artikel dari media online yang sudah populer saja. Tapi, konten berita yang masih amatiran kayak diriku pun punya kesempatan itu.

Cara kerja google news sendiri menggunakan publisher center untuk membagikan konten dengan mengirimkan feed RSS, Link URL, atau video konten di google publisher center. Yang kedua, google news juga melalui crawling web normal di mesin pencari google untuk menemukan konten artikel para publisher.


Langkah-langkah Daftar Google News

Supaya artikel kita bisa tampil di laman google news, kita perlu bergabung dulu sama layanan google yang satu ini, gaes.

Sebelum memulai beberapa langkah, siapin dulu yuk email yang sama dengan email yang kita pakai waktu membuat blog, google analytics dan google search console kemarin.

Siapin juga logo blog kalian dalam format PNG berbentuk square. Lebih tepatnya ukuran 512x512 pixel. Satunya lagi, logo yang sama dengan bentuk rectangle berukuran 200x20 pixel, lebih direkomendasikan lebar 400 pixel dengan tinggi maksimal 10:1 dari lebar.

Kalau sudah siap semua, mari kita berdoa! Lanjut, daftar google news, ya!

1. Masuk ke pusat penerbit 

Langsung aja masuk ke alamat ini, gaes, https://publishercenter.google.com/publications

2. Klik bagian tambahkan publikasi

Nanti, akan muncul pop up berisi Nama Publikasi ( isi nama/judul blog), pada bagian properti situs utama (masukan domain blog), dan lokasi (pilih negara sesuai lokasi kita), jangan lupa centang kotak kecil, lalu klik tambah publikasi.

3. Di halaman Dasbor, pilih setelan publikasi

Ada dua setelan di sana, yaitu setelan umum dan gaya visual. 

- Setelan umum

Isi nama publikasi, bahasa utama dan lokasi.

- URL Properti situs utama

Isi dengan URL blog yang mau didaftarkan dan klik verifikasi Google Search Console. 
Setelah itu, cek email dulu, gaes. Klik verifikasi di email dari google news, lalu balik ke laman google news lagi, ya!

- Di kolom kontak

Isi dengan alamat email. Lalu simpan dan klik berikutnya.

- Setelan gaya visual

Di sini kita upload logo yang sudah kita siapkan di awal tadi, sesuaikan instruksi, klik simpan.
Klik di kolom google berita, lalu klik edit. Di sini, ada tiga konfigurasi yang harus kita isi lagi, yaitu setelan umum, konten, dan tinjau dan publikasi.

Konfigurasi Umum

Informasi Dasar : Pilih kolom kategori publikasi (pilih salah satu sesuai dengan tema publikasi kamu).

Distribusi : Di kolom negara (sesuaikan), properti Google (pilih izinkan semua properti).

Setelan Konten

Klik rubrik baru, pilih feed, lalu akan muncul pop up yang isinya : judul rubrik (isi dengan nama blog kalian), URL feed RSS atau atom (isi dengan URL feed RSS), akses lihat (isi siapa saja).

Contoh pengisian url feed RSS (Ganti dengan nama domain masing-masing, ya!)

Blog yang masih sub domain (bawaan blogspot)

https://halodwyta.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss


Sedangkan blog yang sudah TLD, bisa diisi seperti ini,

https://halodwyta.com/feeds/posts/default?alt=rss

Lanjut di kolom akses grup, masukan email. Lalu klik simpan.

Tinjau dan Publikasi

Di sini kita tinggal lihat bagian mana yang masih ada tulisan Tinjau. Klik aja, nanti bakalan dimunculkan bagian mana yang masih harus diperbaiki.

Nah, untuk bagian area rubrik memang butuh waktu ya, gaes, buat memuat artikel kita. Refresh aja terus, biasanya butuh waktu kurang lebih lima menitan.

Kalau sudah oke semua, alias nggak ada lagi yang perlu di tinjau, kita tinggal klik publikasikan. Lalu, sudah deh, selesai!

Nanti bakalan muncul tampilan bahwa situs kita sedang ditinjau. Nggak papa, itu tandanya daftar google news kita sudah selesai kok. Kita tinggal nunggu peninjauannya sekitar 2-3 mingguan.


Tampilan



Manfaat Google News


Nah, setelah selesai dengan langkah-langkah daftar google news, aku juga harus banget nih ngasih tau ke kalian, apa aja sih manfaat google news buat blogger?
Manfaat



1. Lebih Mudah Muncul di Halaman Pertama Google

Siapa sih yang nggak pengin artikelnya muncul di posisi teratas mesin pencarian google? Nah, dengan mendaftarkan blog kita ke dalam google news, peluang buat masuk di dalam daftar berita utama tentunya juga akan lebih mudah, gaes.

Jadi, terus aja bikin konten yang optimal ya gaes, ya. Jangan lupa juga optimasi SEO-nya terus diterapin.

2. Menambah Jumlah Pengunjung

Setelah terdaftar di googles news, peluang blog kita buat dikunjungi lebih banyak orang tentunya juga bakalan semakin bertambah. Apalagi di google news ada fitur personalized content yang berguna buat menyaring pengunjung yang datang sesuai dengan topik yang mereka sukai.

Nah, bila konten kita sesuai dengan personalized content banyak orang, tentunya jadi peluang juga dong buat kita kebanjiran pengunjung. Iya, kan?

3. Media Branding

Kalau aja kita konsisten menghadirkan konten-konten yang berkualitas, dan selalu tampil di urutan-urutan teratas mesin pencari, tentu itu bakalan jadi media branding yang efektif banget buat kita.

Selain branding yang semakin melekat, pengunjung juga nggak akan ragu buat kembali lagi sesuai kebutuhannya.

4. Menambah Peluang Mendapatkan Backlink

Lagi-lagi konten yang berkualitas dan dicari banyak orang tentu bakalan memperluas kesempatan artikel kita buat jadi referensi bagi orang lain. Nah, ini memberikan peluang lebih besar buat konten kita dijadikan backlink sama pengunjung, gaes.

5. No Biaya-biaya Iklan

Kalau orang-orang butuh biaya buat pasang iklan, dengan google news kita bisa dapetin itu semua secara gratis.

Penutup

Pada dasarnya, kita butuh proses buat menjadi lebih baik. Begitu juga di dunia blog. Dimulai dari alasan ngeblog, konsisten posting lalu sampai melakukan ikhtiar-ikhtiar supaya blog ini bisa terus berkembang.

Nah, dengan daftar google news, aku pun sedang mengikhtiarkan kemajuan bagi blog yang masih bayi ini, gaes. Sudah tau juga kan tadi cara kerja google news serta manfaatnya.

Jadi, yuk kita sama-sama terapin ilmunya! Coba daftar google news sekarang juga, ya!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment