banner

Blogger Wajib Tahu! 5 Manfaat Google Search Console

Post a Comment

Wajib tahu



Assalamualaikum, Beb.
Masih semangat nemenin aku berpusing ria, kan? Setelah kemarin aku bahas soal Google Analytics, kali ini mari kita berkenalan sama Google Search Console. Nah, di sini aku bakalan bisikin nih 5 manfaat Google Search Console ini buat blog kita.

Yap! Namanya mau belajar serius, berarti harus serius juga kenalan satu persatu ya sama tools-tools yang akan dibutuhkan dalam perjalanan blog ini nantinya. Nggak papa ribet dan pusing di awal. Tapi kita akan menuai hasil baiknya nanti, Insya Allah.

Mengenal Google Search Console


Jadi sebenarnya apa sih Google Search Console ini? Kita persingkat aja ya panggil dia GSC.

GSC, atau yang sebelumnya lebih dikenal sama nama Google Webmaster Tools ini merupakan satu dari sekian banyak layanan gratis dari google, yang bisa membantu kita untuk memantau, mempertahankan dan memecahkan masalah tentang kehadiran situs kita di mesin pencari google.

Jadi, si GSC ini juga berfungsi banget buat mengoptimalkan kinerja website kita di mata google. Karena kita bisa memantau performa blog kita secara organik, dari segi konten sampai halaman apa aja nih yang paling menarik minat pengunjung.

Dengan GSC juga, kita bisa bikin blog kita dianggap nyata oleh google, gaes!

Maksudnya gini, jadi biar artikel yang kita publis di blog bisa muncul di mesin pencarian google, ternyata kita harus ngasih tahu dulu nih ke google-nya bahwa kita ada. Kehadiran kita adalah nyata, ceilaaah.

Nah, dengan memasang GSC, maka akan membantu artikel-artikel kita itu dapat segera dirayapi oleh google. Siapa sih yang nggak pengin artikelnya nongkrong di page one mesin pencarian google?


Manfaat Google Search Console



manfaat



Setelah sedikitnya paham tentang apa itu GSC, sekarang aku mau kasih tau juga nih manfaatnya buat blog kita. Jangan di-skip, ya!

- Mengetahui Status Indeks Konten Kita

Kalau kata kunci yang kita pakai sudah berhasil memunculkan artikel kita di perpustakaan google, itu tandanya si konten tersebut sudah ter-indeks oleh google.

Dengan GSC, kita jadi bisa tahu lebih mudah nih mana aja konten yang sudah dan yang belum diindeks sama google. Dan enaknya, kalau ada konten yang belum terindeks, kita langsung bisa menemukan kode erornya, jadi mempermudah juga buat memecahkan masalahnya.

- Meningkatkan Trafik Organik

Teman sesudut yang datang ke sini bisa jadi datang karena menemukan rumah ini dari beberapa kata kunci di mesin pencari. Salah satu fungsi dari GSC itu sendiri adalah menemukan keyword atau kata kunci terpopuler.

Nah, kita bisa memanfaatkan data ini buat mengoptimalkan lagi blog kita. Kita bisa deh tuh menggunakan kata kunci yang lebih efektif di konten-konten berikutnya.

- Membantu Inspeksi URL

Salah satu faktor yang memengaruhi performa blog kita adalah adanya broken link alias link rusak. Maksudnya broken link ini, URL yang putus dan sudah nggak tersambung lagi sama halaman mana pun di blog kita, gaes.

Dengan adanya GSC, bisa banget mempersingkat waktu kita buat mendeteksi kehadiran si broken link tadi.

- Membantu Inspeksi Eksternal dan Internal Link

Tau kan, gaes, adanya eksternal dan internal link dalam sebuah blog termasuk dalam salah satu penerapan SEO. Nah, si GSC ini lagi-lagi bisa banget ngebantu kita buat mengelola dan memonitor para link tadi, gaes.

GSC, bisa membantu kita buat disavow backlink spam yang bakalan berdampak buruk sama website kita.

- Submit Sitemap

Di GSC, kita juga bisa menambahkan sitemap yang berfungsi buat membantu google melakukan crawl di website kita. Biar si google bisa mengidentifikasi website kita dengan lebih cepat, kayak yang sudah aku singgung di awal tadi, gaes.

Oke, jadi sudah tau manfaatnya, kan. 
Aku rasa, ini emang jadi salah satu tool yang penting banget sih dimiliki para blogger. Jangan dilewatkan! Apalagi kalau on the way jadi blogger profesional, ya!

Sekarang nih, gimana sih caranya memasang Google Search Console di blog? Terutama, blogspot, ya. Karena aku sendiri pengguna blogspot.

Oh iya, GSC ini bisa digunakan di blog yang sudah TLD atau masih bawaan blogspot loh, teman. Jadi, yuk optimalkan website kita sama-sama!

Cara Memasang Google Search Console

Langkah Pertama

Masuk dulu ke akun Gmail yang sama kayak akun Gmail yang kita pakai buat GA dan blog. Setelah itu, masuk ke situs Google Search Console, pilih add property di menu bagian kiri.

Langkah Kedua

Nanti akan muncul kolom kayak gambar di bawah ya, gaes. Ada pilihan masuk dengan menggunakan domain dan URL.


Pendaftaran



Aku pilih yang opsi kedua, gaes. Karena pilih yang URL, maka harus masukin URL dengan benar dan tepat, begitu juga dengan penggunaan 'https' (jika memiliki situs web https dan dengan atau tanpa www).

Langkah Ketiga

Selanjutnya kita akan verifikasi kepemilikan properti. Caranya, masuk ke setting – verifikasi kepemilikan/ ownership verification.

Di sini ada beberapa cara verifikasi yang bisa kita pilih, gaes. Diantaranya menggunakan HTML Tag, Google Analytic, file HTML, Google Tag Manager dan DNS.

Nah, buat pengguna blogspot, biasanya kita cukup pakai cara HTML Tag atau Google Analytic aja. Kalau kita sudah mengaktifkan Google Analytic (GA ) dengan akun gmail yang sama dengan akun GSC, secara otomatis akun kita sudah terverifikasi.

Aku coba pakai cara HTML Tag. Buka keterangan di bawah HTML Tag, copy kodenya dan tempel ke bagian bawah <head> di html template blog kita.


tampilan




Langkah Keempat

Lakukan submit sitemap! Nah, di sini kita perlu masuk ke tab sitemap (peta situs), lalu tambahkan peta situs baru.

Klik sitemap.xml aja langsung di kolom kayak gambar di bawah, gengs. Pastikan formatnya XML, ya! Sudah. Kita tinggal menunggu buat si google mengindeks isi blog kita, ya. .


Penutup

Kalau dilihat sekilas, fungsi GSC ini hampir mirip ya sama GA kemarin. Tapi, sebenarnya ada perbedaannya loh, gaes. GSC lebih fokus ke pengukuran kinerja website. Sedangkan si GA, fokusnya lebih ke pengguna dan aksi yang mereka lakukan terhadap website yang mereka kunjungi.

Yang jelas, kedua tools ini saling mempunyai peran penting buat website yang sedang kita bangun. Gitu ya, gaes!

Kalau sudah tau 5 manfaat memasang Google Search Console bagi blog kita, apalagi caranya mudah banget gitu, rasa-rasanya sayang loh kalau nggak dipraktikin, gaes. 
Gih, buruan coba!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment