banner

Aplikasi Desain Ramah Pemula, Canva Kuncinya!

2 comments



aplikasi desain


Assalamualaikum..
Sejak memutuskan kembali belajar ngeblog, aku jadi lebih sering membuat desain gambar sendiri sebagai pelengkap infografis di setiap artikelku. Nah, tentunya aku butuh tau lagi nih kira-kira ada nggak ya aplikasi desain ramah pemula buat aku yang nggak jago desain?

Tanpa perlu berlama-lama lagi, mungkin sebagian besar teman sesudut di sini udah pada tau sih jawabannya. Yap! Aplikasi canva adalah kunci!

Kenapa Pilih Canva?

Awalnya sih, aku nggak terlalu paham seluk-beluk percanvaan, bebs. Cuman, karena aku butuh aplikasi desain buat bikin desain-desain infografis di setiap tulisanku, mau nggak mau aku jadi harus banyak belajar juga dong tentang aplikasi satu ini.

Jadi, canva ini adalah sebuah aplikasi desain yang baru diluncurkan di tahun 2013 yang lalu, gaes. Canva ini punya misi buat memberdayakan semua orang di seluruh dunia biar bisa membuat desain apa pun dan memublikasikannya di mana pun.

Kerennya lagi, aplikasi ini menyediakan banyak banget template gratis yang siap dipakai sama kaum pemula kayak diriku, gaes. Tinggal dandanin dikit, desain udah jadi cantik. Dan semuanya bisa didapetin secara gratis! Seru, kaaan?

Sekarang canva tersedia dalam beberapa versi, yaitu versi web, iPhone, dan Android. Kalo aku sendiri sih seringnya pake web atau android. Paling enak pake smartphone, sih. Bisa sambil rebahan, kan. Hehe. Tapi bagi yang lebih suka nge-desain pake web juga asik. Langsung sat set aja sesuai kebutuhan!

Kelas Desain Canva



Kelas desain

Nah, kebetulan banget di awal Juli lalu, aku ketemu informasi kelas online tentang percanvaan itu tadi, bebs. Gas dong, cari tau apa aja persyaratan untuk jadi pesertanya. Lagi-lagi, kalo yang gratisan ibu semangat, deh. hehe.

Kelas ini dimentorin sama dua ibu-ibu kece, yang konten-kontennya emang fokus sama dunia percanvaan. Apalagi syarat di flyer pendaftaran khusus buat muslimah. Rasanya cocok aja buat diikutin.

Walaupun cuma dilangsungkan lewat telegram grup, dan dengan peserta yang juga sangat banyak, tapi cukup tersampaikan dengan baik, sih. Peserta di grup waktu itu terpantau sampai ribuan akhwat dari Sabang sampai Merauke, gengs. Mantap!

Sebelum kita bahas tentang kelasnya lebih lanjut, mari kita kenalan dulu sama dua mentor shalihah yang alhamdulillah udah mau berbagi ilmunya secara gratis ke banyak peserta.

1. Astri

Nama: Astri Nugraheni

Panggilan : Astri

Umur: 25tahun

Status: Menikah

Pekerjaan: IRT, Microstocker, Ilustrator, Mengajar Kelas Menggambar Online @kamara_id

Basic Skill Desain dan Ilustrasi : Corel Draw, Medibang Paint, IbisPaint, dan Procreate, Affinity Designer

Akun Instagram :

https://www.instagram.com/astrinugrhn/

https://www.instagram.com/astrinugraheni_/


2. Dina

Nama: Dina Nur Indah Sari

Panggilan : Kak Din, Kaka Din, Ummu adnan

Umur: 30 tahun

Status: Menikah

Domisili: Berau

Pekerjaan: IRT, Microstocker, Canva Designer

Basic Skill Desain dan Ilustrasi : Medibang Paint, Ibis Paint X, Infinite Design dan Canva

Akun Instagram :
https://www/instagram.com/coretan.dina/


Materi Kelas

Kelas ini cuma berlangsung dari tanggal 3 sampai 8 Juli 2022, gaes. Dengan rundown acara sebagai berikut.



Rundown




Nah, dimulai di tanggal 4 juli, materi pertama diisi sama Kak Astri. Sebenernya, ini kelas basic, ya, gaes. Alias kelas pemula. Jadi ya dimulainya dari yang umum-umum, ya. Materi pertama adalah pengenalan fitur-fitur yang ada di canva.

Walaupun sebagian dari kita yang udah sering utak-atik canva tentunya udah ngerti tentang fitur-fitur ini. Tapi beda juga ya gaes rasanya belajar sendiri sama belajar sama orang yang bener-bener ahli.

Materi disampaikan melalui video ya, gaes. Jadi nggak cuma lewat obrolan di grup. Di sini Kak Astri yang juga merupakan kontributor canva bener-bener ngenalin detail tuh fitur-fitur yang ada di canva.

Abis kenalan sama fitur-fiturnya, kak Astri kembali ngasih video lanjutan. Tapi kali ini langsung praktek, bebs. Beliau ngasih contoh gimana membuat ucapan Idul Adha pake elemen-elemen pro ataupun gratis.

Selanjutnya, materi kedua juga masih diisi sama praktik. Tapi kali ini praktik bikin poster dakwah. Lanjut materi ketiga yaitu bikin undangan pernikahan.

Dari ketiga materi pertama, seluruh peserta diwajibkan buat ikutan praktek bikin ketiga materi yang udah disampein. Dan Masya Allah, dari ribuan peserta yang isinya cewek semua itu, cukup banyak juga peserta yang berani unjuk gigi.

Lanjut di hari berikutnya, gaes. Lagi-lagi peserta diminta langsung praktik. Kali ini gantian mentor Kak Dina. Metodenya sama, gaes. Sama-sama disampein lewat video.

Yang pertama diajarin cara bikin twibbon, lanjut praktik bikin video singkat dan yang terakhir diajarin cara membuat carousel post.

Nah, di carousel ini lah materi yang emang aku tunggu-tungguin, gaes. Di sini Kak Dina membaginya lagi jadi dua teknik pembuatan carousel. Dua-duanya mudah di praktekin.

Mengikuti kelas ini cukup menambah keyakinanku sih buat pakai canva. Aplikasi desain ramah pemula, canva kuncinya!


Penutup

Kelas belajar desain yang satu ini emang cukup singkat, gaes. Apalagi, pesertanya sangat banyak. Jadi, emang nggak bisa lebih fokus buat dapet arahan dari para mentornya. Tapi buat free kelas kayak gini udah sangat membantu banget loh.

Sebagai ibu-ibu yang kesibukan utamanya masih urusan domestik rumah tangga, aku bersyukur sih bisa nemuin kemudahan buat belajar dan mengembangkan diri. Sekarang, belajar pun bisa cuma dari rumah. Kelas-kelas online udah menjamur, tinggal pilih aja yang sesuai minat dan kemampuan.

Kayak kelas yang satu ini. Walaupun cuma mengikuti kegiatan belajar melalui telegram grup, semua materi yang dipaparkan cukup baik. Semakin menambah pengetahuan aku lagi dalam dunia percanvaan.

Walaupun nggak jago desain, tapi saat udah kenal sama aplikasi desain ramah pemula yang satu ini, bawaannya pengin coba-coba bikin terus. Udah berasa paling ahli. Mweheheh.

Kalo kamu udah kenal canva belom?
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

2 comments

  1. Menarik sekali ada kelas gratis untuk aplikasi canva

    ReplyDelete
  2. Sudah kenal dong, malah makin jatuh cinta tiap hari

    ReplyDelete

Post a Comment