banner

Upgrade Blog dengan Template Unduhan. Udah Siap Mencoba?

1 comment
upgrade blog


Assalamualaikum, halo teman sesudut. Setelah kemarin kita bergelut sama top level domain, kali ini aku akan membahas tentang upgrade blog dengan template unduhan.

Duh, apa lagi itu? Coba kita simak, yuk!

Template Bawaan Blogspot

Sebelumnya aku udah pernah bahas manfaat SEO on page beserta kaidah-kaidah SEO, ya. Nah, salah satunya yaitu mempercantik tampilan blog dari dalam.

Mempercantik blog, bisa dimulai dari ngebenerin template sederhana bawaan blogspot. Kayak yang udah aku terapkan sejauh ini. Tapi, bukan sekadar cantik, juga harus sesuai sama kaidah SEO yang lainnya.

Di materi blogspedia coaching sebelumnya, Coach Marita juga udah ngasih gambaran cukup rinci tentang utak-atik template bawaan blogspot secara sederhana. Dari sekian banyak template bawaan blogspot, Mbak Marita menyarankankan buat memilih template simple, buat selanjutnya coba diutak-atik.

Dari nambahin menu dropdown, memasang tombol back to top, menambah tombol sosial media, banner komunitas bahkan customize warna dan lain-lain sesuai keinginan. Termasuk di dalamnya, mengatur judul dan isi postingan menjadi rata tengah.

Sayangnya, secantik-cantiknya template bawaan blogspot, masih belum bisa mencakup seluruh kaidah SEO itu tadi, gaes. Contohnya, heading yang nggak berurutan. Meski udah diatur sedemikian rupa di dalam artikel biar bisa urut, tapi sayangnya akan tetap dianggap nggak urut sama mesin pencari.

Bukan berarti template bawaan blogspot nggak bisa dibikin SEO friendly, ya! Bisa. Cuma dengan tingkat kesabaran dan keahlian utak-atik sedemikian rupa, gaes. Sebagai pendatang baru, tentu saja aku lebih memilih buat pakai template dari pihak ketiga. Demi menghemat waktu dan pikiran, gaes. Hehe.

Template Unduhan

Dari materi yang disampaikan di blogspedia coaching, ada beberapa rekomendasi website penyedia template unduhan. Berdasarkan arahan dan pengalaman dari para coach, aku memutuskan buat ikut mencoba template fiksioner dari Igniel.com.

Selain karena tampilannya yang kece dan sederhana, tapi si fiksioner bikinan mbak Igniel ini memang udah melanglang buana banget di dunia perbloggeran. Banyak yang pakai dan tentunya sangat memudahkan bagi newbie sepertiku. Karena itulah aku yakin memilihnya. Eh? Hehe.

Template fiksioner ini bisa diunduh secara gratis atau juga berbayar. Ada beberapa pilihan temanya juga. Tapi setelah melihat demo, dokumentasi dan saran terbanyak dari para suhu, aku langsung unduh fiksioner aja yang udah klop di hati.

Nah. Setelah download template yang diinginkan, tahap selanjutnya bikin panas-dingin, gaes. Tahap yang berkaitan sama kode-kode html, bakal bikin otak cukup ngebul. Buatku sih, yang emang awam sama kode-kodean gitu. Hehe.

Syarat Memilih Template

Nggak sekadar tampilan yang kece, ada beberapa syarat juga nih yang harus dipenuhi dalam memilih template.

- SEO Friendly

Kayak yang udah aku bahas sedikit di atas. Template bawaan blogspot masih kurang mendukung kaidah SEO. Kita bisa cek di SEO Inspector dulu, udah seberapa memenuhi kaidah per-SEO-annya si template yang akan kita pakai.

- Fast Loading

Kecepatan loading sebuah web tentu aja jadi salah satu hal yang paling disuka dong sama pengunjung. Kita bisa cek kecepatan web lewat situs pagespeed. Jangan sampai, pengunjung blog kita malah kabur gara-gara loadingnya yang nggak kelar-kelar.

- Responsive

Melihat dari statistik di blogku sendiri, kebanyakan pengunjung blog ini adalah pengguna smartphone. Jadi, pilih lah template yang mobile friendly, gaes. Jangan biarin deh pengunjung blog kita yang menggunakan ponsel justru harus berhadapan sama tampilan blog yang berantakan.


Dasar-dasar Blog Desain

- Background di tulisan harus putih

- Layout konten harus berada di kiri, sedangkan sidebar di sebelah kanan

- Header tidak lebih dari setengah layar

- Tidak menggunakan banyak pilihan warna dalam satu tema. Disarankan hanya menggunakan dua atau tiga pilihan warna saja

- Lebih baik hanya menggunakan font serif/sans serif pada tulisan konten



Upgrade Blog dengan Template Unduhan

Demi performa dan trafik blog yang jauh lebih baik, Insya Allah, sudah saatnya aku upgrade blog dengan template unduhan. Seperti yang udah aku singgung di atas. Demi mempersingkat waktu dan mempertahankan kewarasan, aku memilih buat memasang template unduhan saja. Hehehe.

Meskipun langkah mendesain template bawaan blogspot yang dibagikan coach Marita di materi sebelumnya terlihat sederhana, rupanya nggak sesederhana itu bagiku, gengs. Mungkin lain kali bakalan aku coba lagi utak-atik di waktu yang agak senggang.

Sekarang, biar blognya tetap bisa naik kelas, sambil belajar hal lain lagi, aku memberanikan diri mencoba langkah-langkah memasang template unduhan, Fiksioner. Berbekal manjat grup chat diskusi, tutorial di materi, browsing dan bantuan suami, alhamdulillah semua bisa teratasi.

Proses ini berlangsung cukup lama bagiku. Karena baru bisa memulai di jam-jam malam. Jam-jam anak udah pada tidur. Biar bisa fokus lihat kode-kode.

Awalnya agak-agak panik, sih. Walapun dikasih jangka waktu pengerjaan tugas yang agak lama sama Coach Marita. Tapi aku udah terlalu jauh ketinggalan diskusi di grup chat yang lagi heboh-hebohnya saling feedback soal tugas ini. Keren, sih grupnya. Untungnya masih bisa manjat-manjat. Hehe.

Setelah bergulat beberapa hari, (cuma bisa digarap malem, gaes), inilah hasil akhirnya.

Before after

Terlihat sangat jauh berbeda, ya. Hehe.

Tadinya, template bawaan blogspot yang aku pakai dominan warna pink. Tapi setelah beberapa materi dan lain-lain, aku merasa kurang srek. Merasa kurang cocok aja templatenya sama materi tentang dasar-dasar desain yang udah dikasih coach Marita. Jadilah aku ubah.

Alhasil, setelah berdialog dengan diri sendiri (ceileeeeh), aku memilih tema warna hitam dan putih saja. Bukan biar aman juga sih, tapi lebih ke kesederhanaan yang pengin aku bangun di blog ini, lebih kerasa nyatu sama warna hitam putih itu, gaes. Menurutku pribadi, ya.

Oh iya, apakah ini sudah selesai? Aku rasa belum. Masih banyak yang harus dibenahi lagi. Tapi insya Allah sambil jalan.

Next Step

Setelah selesai berkutat dengan kode-kode html yang bikin mata siwer, aku mencoba mengecek  page speed di halaman blogku. Dan inilah hasilnya sekarang.

Taraaaa.


Page Speed



Oke, gaes. Kira-kira begitulah keriwehanku dalam mengutak-atik template kali ini. Harus terus banyak belajar dan praktikin, sih. Biar bisa upgrade blog dengan template unduhan minim drama.
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

1 comment

  1. Mantap nih blognya sudah ganti template. Tosss ah, sesama pejuang blogging dan sesama pejuang mempercantik blog. Hee. Seamangat blogging mba...

    ReplyDelete

Post a Comment