banner

Cara Seru Mengenalkan Anak Laki-Laki Kewajiban Sunat

Post a Comment



Assalamualaikum, halo teman sesudut, gimana kabarnya?

Sejak dianugerahi anak laki-laki, aku sebagai orang tua tentunya mulai mencari tahu seputar sunat dan segala macamnya. Nah, ayah dan bunda juga wajib tau nih gimana cara seru mengenalkan anak laki-laki kewajiban sunat.

Selain karena tuntunan syariat Islam, sunat juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Dan ternyata, kebersihan alat vital anak laki-laki pun juga berpengaruh sama tumbuh kembangnya loh, Aybun.



Kewajiban Sunat Dalam Islam


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, khitan (sunat) adalah memotong kulup (kulit pada ujung kemaluan laki-laki). Dalam ajaran Islam, sunat merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi anak laki-laki.

Umumnya, sunat ini dilakukan saat anak laki-laki sudah masuk usia sekolah, sekitar 6-10 tahunan. Atau dilakukan waktu anak belum masuk usia baligh.

Aybun pasti sudah tau dong ya sebabnya apa. Karena saat sudah baligh, mereka sudah wajib melaksanakan salat. Yang mana syarat sah nya salat adalah suci. Nah, dengan berkhitan, anak sudah memenuhi salah satu cara bersuci itu tadi. Insya Allah.

Kewajiban sunat ini, dalam ajaran Islam juga dijadikan sebagai pembeda antara kaum muslimin dengan nasrani. Ternyata, sunat atau khitan juga sudah ada sejak jaman Nabi Salallahu'alaihiwasalam loh, Aybun.

Ini juga diterangkan dalam hadist Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu. Dalam hadist tersebut Rasulullah bersabda,

"Ibrahim berkhitan setelah mencapai usia 80 tahun, dan beliau berkhitan dengan Al Qodum." (HR. Bukhari).

Bahkan ni gaes, katanya di medan perang pun, umat Islam mengenal orang muslim yang terbunuh dengan cara khitan atau sunat ini. Jangan dibayangin gimana, ya. Hehe.

Intinya, ini cuma karena kaum muslimin yang melaksanakan sunat, sedangkan kaum nasrani nggak. Kayak yang sudah aku singgung di atas, bahwa sunat dijadikan pembeda antara kaum muslim dan nasrani.


Manfaat Sunat Bagi Kesehatan


Dari sisi medis, sunat juga banyak banget manfaatnya loh, Aybun.

Mengurangi resiko terjadinya penyakit seksual menular

Penyakit menular seksual yang menyerang laki-laki diantaranya sifilis, herpes, sampai HIV.

Mencegah fimosis

Fimosis ini maksudnya, kondisi di mana kulup penis menempel di kepala penis, jadi bikin si kulup nggak bisa ditarik ke belakang. Kondisi kayak gitu tentu bikin susah buat membersihkan penis dengan benar ya, Aybun.

Mengurangi resiko infeksi saluran kencing

Anak laki-laki yang sudah dikhitan punya resiko mengalami infeksi saluran kencing jauh lebih kecil yang berkaitan juga sama ginjal.

Lebih mudah dibersihkan

Di awal sudah kita bahas ya, Aybun, kalau sunat itu memotong kulit pada ujung penis. Nah, dengan sunat memudahkan si penis buat dibersihkan, biar nggak jadi sarang kuman dan penyakit.


Cara Seru Mengenalkan Anak Laki-laki Kewajiban Sunat


Nah Aybun, sudah jadi tugas kita nih sebagai orang tua buat mengenalkan ke anak laki-laki tentang kewajiban sunat. Karena nggak semua anak sudah paham, dan nggak sedikit juga yang sudah terdoktrin duluan sama hal-hal menakutkan tentang sunat.

Cara ini mungkin bisa kita praktekin perlahan-lahan, Aybun. Nomor tiga paling seru!

1. Jelaskan dengan gaya bahasa paling sederhana

Emang butuh waktu buat anak mengerti, Aybun. Apalagi yang anaknya masih di bawa lima tahun. Nggak papa. Nggak perlu buru-buru.

Menjelaskan bisa diawali dengan bercerita, baca buku atau nonton film terkait sunat itu tadi, Aybun. Aybun juga perlu meyakinkan anak kalau dirinya adalah pemberani.


2. Janjikan reward dan harus ditepati

Kalau soal ini, ada beberapa orang tua yang masih pro dan kontra juga, sih. Tapi nggak papa, kita kembalikan lagi sama nilai-nilai di keluarga kita sendiri ya, Aybun.

Tapi, seandainya mencoba cara ini, inget ya kudu, harus, dan wajib ditepati. Jangan cuma janji-janji palsu ke anak. Biarin anak yang nentuin rewardnya sendiri, biar seru.

3. Ajak sunat bareng super hero

Nah, ini yang paling ampuh dan seru, Aybun. Coba deh kenalin anak sama Safubot. Si super hero safute robot yang bakalan nemenin sunat si anak biar makin seru.

Kenalan sama Safubot


Kenalan sama safubot


Safubot ini adalah sebuah karakter original dari rumah sunat modern, Aybun. Karakter ini sengaja dibuat mirip super hero yang siap melindungi anak-anak dari berbagai macam hal buruk. Biar anak-anak merasa aman dan berani disunat.

Pendekatan dengan karakter safubot ini cukup berhasil bikin anak-anak tertarik dan betah, loh berlama-lama di sana.

Mengutip dari situs berempat.com, menurut founder sunat Safute, dr. Panji, pihaknya menghadirkan karakter bersahabat bernama Safubot (Safute Robot) sebagai strategi pendekatan yang membuat anak-anak tidak takut untuk disunat.

Keunggulan rumah sunat Safubot

Rumah sunat safubot menggunakan teknologi high tech safute vessel sealer, yaitu metode bipolar pen sealer. Waduh, apa itu, Aybun?

Jadi, di Safubot mereka menggunakan teknologi bedah presisi tanpa karbonasi, yang bisa memastikan jaringan ter-seal dengan kuat dan menekan resiko pendarahan, peradangan, infeksi dan nyeri setelah tindakan.

Di Safubot, aybun nggak perlu khawatir lagi nih nantinya bakalan repot bolak-balik kontrol, lepas klamp dan sebagainya. Karena di sana, tindakannya cukup satu kali tanpa diutak-atik lagi, aybun. Seru!


ruang tindakan safubot


Ruang tindakan pun nyaman banget, Aybun. Nggak perlu khawatir juga, dokter dan perawat di sini semua ramah-ramah dan menyenangkan. 

Tanpa perban, tanpa jahitan, dan rasa nyeri minimal. Perawatan paska sunat pun nggak ribet, aybun. Cukup semprot-semprot dengan spray khusus safubot dan kontrol lewat whatsapp aja, aybun.

Keunggulan lainnya, rumah sunat safubot juga punya 19 cabang di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Solo dan Cirebon. Selain itu, rumah sunat safubot juga melayani sunat dengan kondisi khusus, kayak sunat untuk badan gemuk atau anak pengidap autis.




Konsultasi dan pemesanan bisa langsung aybun pilih di safubot yang terdekat, ya. Jangan khawatir, konsultasi gratis dan pemesanan bisa dilakukan cuma lewat whatsapp. Nggak perlu antri! Mau tindakan di rumah? Oh, bisa, Aybun. Silakan diatur deh. Karena safubot juga punya layanan sunat khusus di rumah.



Tarif sunat safute



Buat lebih mengenal safubot lagi, aybun bisa ajak si kecil buat nonton video di bawah ini dulu, deh. Ada video seru lainnya di channel Safubot. Cek aja!




Sunat di safubot, sunat paling ngetop. 
Tanpa harus repot, sambil main robot.


Jadi, ayah bunda sudah tau kan gimana cara seru mengenalkan anak laki-laki kewajiban sunat?
Nggak usah pikir panjang, Safubot aja!




Referensi :

https://m.klikdokter.com/penyakit/fimosis
https://www.alodokter.com/metode-dan-manfaat-sunat/
https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/astri-diana/fimosis-pada-anak-balita/2
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment