banner

5 Cara Meningkatkan Mood Menulis. Wajib dicoba!

7 comments



Assalamualaikum, teman sesudut. Wah nggak kerasa udah weekend lagi aja. Ada nggak sih di sini yang hobi menulis? Kebetulan banget kali ini, aku akan bahas 5 cara meningkatkan mood menulis.

Penting juga nih buat para blogger yang masih berkaitan sama dunia tulis menulis. Apalagi, jaman now platform menulis udah banyak banget. Semua yang punya hobi menulis udah punya wadah yang bisa menampung karya mereka.

Nggak sekadar jadi wadah menyalurkan hobi, tapi juga bisa sebagai sarana penghasil uang? Wow! Siapa coba yang nggak mau hobinya dibayar? Walaupun nggak semua tujuan menulis buat cari cuan, ya!

Tapi kan, mood buat menulis nggak melulu bagus? Trus gimana dong? Nah! Mari kita bicarakan baik-baik.

Keuntungan Menulis

Kayak yang pernah aku bahas juga, menulis itu sebagai salah satu sarana penyembuhan. Dengan menulis, kita bisa meluapkan emosi yang terpendam, ceileeeh. Kita bebas aja nuangin kesedihan, kegalauan, kemarahan, bahkan kebahagiaan di dalam sebuah tulisan.

Dengan menulis, kita bisa ungkapin apa yang nggak bisa kita sampaikan dengan ucapan. Khas introvert banget katanya. Tapi menurutku nggak juga, sih. Menulis nggak hanya buat warga introvert, kok. Hehe. Lanjut!

Selain itu, menulis juga bisa menyalurkan tingkat kreativitas kita, gaes. Dengan menulis, bisa juga memperkuat daya ingat. Karena di sini, otak juga dipaksa buat bekerja cari ide penulisan sampai tulisan itu bisa terselesaikan.

Semakin sering otak bekerja dan menerima informasi baru mengenai tulisan yang mau kita tuangkan itu, semakin besar peluang kita buat terhindar dari penyakit pikun di usia muda, gengs.

Apalagi memang otak dan memori manusia sangat terbatas. Kita butuh catatan buat merekam segala informasi yang kita dapet. Istilahnya, mengikat ilmu dengan tulisan. Ya kan?

Selain beberapa hal di atas, keuntungan menulis salah satunya juga menghasilkan uang. Kayak yang udah aku singgung juga. Apalagi di jaman serba digital ini, menulis pun bisa dijadiin profesi yang cukup menjanjikan loh, gaes. Sudah tau, kan?

5 Cara Meningkatkan Mood Menulis

Jaman now, buat bisa menulis dan mendapat keuntungan nggak perlu ribet-ribet lagi kirim naskah ke penerbit. Kita langsung bisa pamerin karya itu ke beberapa platform yang emang dibikin khusus buat kepenulisan, gengs.

Beberapa diantaranya, bisa bikin kita punya penghasilan tambahan. Siapa yang nggak mau coba? Tapi balik lagi, mood buat memulai bahkan menyelesaikan tulisan itu masih suka naik turun, kan. Ya manusiawi banget, sih.

Tapi, aku punya 5 cara meningkatkan mood menulis, nih, gaes. Simak yuk!

1. Perbaiki Niat



Perbaiki niat


Ini sih yang paling utama menurut aku. Semuanya bakal kita kembalikan lagi sama niat awal. Buat apa dulu tujuan kita menulis? Apa yang mau kita dapet atau kejar dari menulis?

"Amalan-amalan itu hanyalah tergantung dengan niatnya. Dan setiap orang hanyalah mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan. Barang siapa yang amalan hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, hijrahnya itu karena Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang ingin ia peroleh atau karena wanita yang ingin ia nikahi, hijrahnya itu menuju apa yang dia niatkan’.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Ganti Suasana dan Tempat


Ganti suasana



Buat kita yang sukanya menulis di satu tempat aja, misalnya di kamar atau di ruang kerja, boleh lah sesekali pindah tempat dan suasana biar lebih fresh. Biasanya, ide mandek gegara bosen juga, kan. Otomatis mood buat lanjut menulis juga jadi turun.

Solusinya, hilangin dulu rasa bosennya itu, gaes. Coba aja nulis di teras rumah, di dapur sambil ngemil, di kafe, atau dimana aja yang memungkinkan buat kita lanjutin tulisannya. Asal jangan di rumah tetangga. Malah gosip yang ada!

Buat ibu-ibu ini emang agak susah, sih. Karena susah buat cari waktu luang dan jarang banget bisa keluar rumah tanpa bawa-bawa anak. Tapi balik lagi ke cara nomer 1, kalau emang udah diniatin sesuai tujuannya, ya bakal ada aja jalan. Bakalan ada waktu khusus yang diluangkan buat menulis, kan, pastinya?

3. Rapikan Tempat Menulis


Rapikan tempat menulis


Seandainya nggak bisa ke kopi shop buat nulis, nggak masalah juga, sih, gaes. Coba aja rapikan tempat biasa kita buat menulis. Karena tempat yang berantakan, beneran bisa ngancurin mood banget.

Seolah-olah tu, pikiran kita bakal jadi seberantakan itu dan hasilnya, tulisan nggak kelar-kelar kita tuangkan. Duh! Coba deh buat sekitar tempat menulismu jadi tempat yang nyaman. Nyaman dilihat dan nyaman diraba, eh?


4. Menulis Malam atau Selepas Subuh


Menulis malam


Ini sih pasti kerjaannya emak-emak penulis. Baru mulai nulis jam-jam malam atau sekalian selepas subuh. Emang paling mood banget, sih.

Karena suasana yang sepi, enak buat nulis. Apalagi udara subuh tuh masih seger-segernya. Dapet lah 300 sampe 1000 kata dalam sekali duduk.

5. Lupakan Sejenak


Lupakan sejenak 


Mood menulis lagi bener-bener ambyar? Ya sudah. Lupakan dulu sejenak, gaes. Cari dan kerjain kegiatan yang lain dulu aja. Karena wajar banget sih kalau kita bosen berhadapan sama leptop dan smartphone buat menulis tiap hari.

So, lupain aja dulu sejenak. Cari yang seger-seger dulu, gengs. Ya jalan, ya nonton atau sekadar ngopi dan ngemil-ngemil dulu aja. Tapi perlu diingat, kalau emang ada kewajiban yang harus diselesaikan terkait menulis itu tadi, biar bagaimana pun juga nggak bisa dilupakan gitu aja. Harus tetep diselesaikan.


Penutup

Sebagian kita emang cuma menulis buat sekadar healing. Mengabadikan perasaan ke dalam sebuah tulisan sebagai salah satu ikhtiar penyembuhan. Sebagian lagi, menulis buat tujuan tertentu. Selain sebagai hobi, juga sebagai salah satu jalan mencari rejeki.

Kalau udah mood-nya nggak bagus, kayaknya semua pekerjaan juga bakalan kurang maksimal kita kerjainnya. Termasuk juga menulis. Semoga beberapa cara di atas bisa membantu para penulis buat meningkatkan mood menulis.

Semangwrite!!!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

7 comments

  1. Waaah bole juga nih bu tips meningkatkan mood menulis
    Makasi buu dewi 😀

    ReplyDelete
  2. saya juga suka nulisnya di malam hari atau ba'da subuh, terimakasih tips menulisnya...

    ReplyDelete
  3. kalau udah ngumpul sesama ibu-ibu bukannya nulis malah ngerumpi ya haha.
    paling yahud sih tips ke-1, ke-4 dan ke-5 mbaa. Yang ke-5 kalau Aku lebih ke Me time dulu. misal masak makanan favorit gitu biar moodnya kembali bagus. :D

    ReplyDelete
  4. Waduh seringnya lupakan sejenak hingga beberapa hari nih mbak, punya tips buat fokus tanpa nunggu deadline?

    ReplyDelete
  5. Boleh dicoba nih tipsnya. Makasih mbk. Sangat bermanfaat memperbaiki mood nulis. Semoga gk nulis karena kejar deadline lagi🙈

    ReplyDelete
  6. Aku paling ngena itu poin 1, perbaiki niat. Mau se-nggak mood apapun, kalau inget tujuan/niat awal kita nulis, pasti akan diusahain banget. Jadi kudu kuat dulu nih niatnya dari awal. Trus aku akan berselancar ke tulisan orang tuk cari inspirasi. Yah, berharapnya jadi tercerahkan walau ujungnya malah keasyikan baca sndiri, hehe

    ReplyDelete
  7. Bener sekali, kak, kalau ga niat pasti jadi ngaruh kemana-mana

    ReplyDelete

Post a Comment